Find Us On Social Media :

Ketahui 8 Jenis Penyakit Mata yang Paling Berbahaya, Penting Deteksi Dini!

Inilah bentuk retinopati diabetik, salah satu penyakit mata yang paling berbahaya, kenali penyakit lainnya.

GridHEALTH.id – Mata yang tidak dijaga dan dirawat dengan baik juga dapat mengalami beragam bentuk gangguan, yang dapat berkembang menjadi penyakit.

Penyakit mata ada beragam bentuk dan jenisnya, berikut ini beberapa penyakit mata yang paling berbahaya dan tidak dapat diabaikan. Berikut ini ulasannya!

Apa Itu Penyakit Mata?

Penyakit mata adalah penyakit yang menimbulkan masalah pada penglihatan seseorang, sehingga proses melihat seseorang menjadi terganggu.

Banyak orang yang menunda atau bahkan tidak sama sekali melakukan pemeriksaan mata sampai mengalami gangguan penglihatan yang serius.

Nyatanya dengan pemeriksaan mata rutin, seseorang dapat mendeteksi dini risiko terjadinya gangguan mata sejak awal, sehingga dapat dilakukan pengobatan dan memperkecil risiko kehilangan penglihatan permanen.

American Optometric Asssociation (AOA) menyarankan untuk orang dewasa dengan risiiko rendah berusia 60 tahun ke bawah melakukan permeriksaan mata komprehensif setiap dua tahun (24 bulan) sekali.

Sedangkan untuk orang dewasa yang lebih tua dan untuk orang yang berisiko lebih besar, seperti penderita diabetes, disarankan untuk memeriksakan mata setiap tahun dan mendapat arahan dari dokter mata.

Penyakit Mata yang Paling Berbahaya

Berikut ini beberapa jenis penyakit mata yang paling berbahaya karena sangat berisiko mengalami kebutaan, yaitu:

1. Katarak

Ini adalah penyakit mata yang umum sekaligus berbahaya jika tidak diobati karena dapat menyebabkan kebutaan. Penyakit mata ini adalah kondisi saat lensa mata yang memfokuskan cahaya pada retina di belakang mata menjadi keruh, sehingga membatasi penglihatan dan membuat seseorang sulit beraktivitas.

Baca Juga: 5 Penyakit Mata Disebabkan Karena Diabetes, Jangan Dibiarkan

2. Degenerasi Makula Terkait Usia (AMD) –

Makula adalah bagian tengah retina yang kecil dan diperlukan untuk penglihatan yang tajam dan lurus ke depan, di mana bagian ini dapat mengalami gangguan yang membahayakan seseorang.

Dibagi ke dalam dua jenis yaitu makula kering akibat penuaan dan penipisan makula, serta makula basah akibat pertumbuhan pembuluh darah abnormal di bawah retina sehingga mengeluarkan darah dan cairan. Salah satu penyakit mata yang paling berbahaya ini banyak menyebabkan kebutaan pada orang usia 60 tahun ke atas.