Find Us On Social Media :

Berikut Ciri-ciri Orang Terkena Kolesterol Tinggi, Jangan Tunggu Parah

Mengenali ciri kolesterol naik dilihat dari mata dan tanda lainnya berikut ini.

GridHEALTH.id – Penyakit kolesterol bukan lagi menjadi penyakit baru, banyak orang yang pernah mendengarnya bahkan menjadi penderita dari penyakit ini.

Sebagai penyakit yang umum, kolesterol tinggi dapat menyerang siapa saja termasuk anak muda, sehingga diperlukan perhatian setiap orang untuk mengenali ciri-ciri terkena kolesterol tinggi.

Berikut ini ulasan mengenai semua hal terkait kolesterol dan ciri-ciri terkena kolesterol tinggi yang perlu diketahui.

Apa Itu Kolesterol?

Kolesterol adalah zat lilin yang secara alami ada di dalam darah setiap orang, yang dibutuhkan tubuh untuk membangun sel-sel sehat, tetapi kadarnya yang terlalu tinggi juga tidak baik untuk tubuh.

Kadar yang terlalu tinggi, khususnya kadar kolesterol “jahat” atau LDL (low-density lipoprotein), dapat menyebabkan penumpukan yang disebut plak, plak ini akan membatasi aliran darah dan meningkatkan risiko terjadinya komplikasi.

Beberapa bentuk komplikasi dari kolesterol tinggi adalah serangan jantung dan stroke, maka sebelum kondisi ini terjadi sangat direkomendasikan seseorang melakukan pemeriksaan kolesterol secara teratur, tanpa memandang usia dan status kesehatan.

Mengubah kebiasaan sehari-hari dapat membantu menurunkan kolesterol tanpa pengobatan, mulai dari konsumsi makanan yang menyehatkan jantung seperti mengurangi konsumsi daging merah, produk susu penuh lemak, menggantinya dengan protein dan lemak baik, konsumsi serat larut

Ciri-ciri Terkena Kolesterol Tinggi

Untuk mengenal secara pasti seseorang terkena kolesterol tinggi atau tidak, perlu melakukan pemeriksaan tes darah panel lipid untuk melihat kadar kolesterol dalam tubuh.

Ada beberapa ciri-ciri terkena kolesterol tinggi yang bisa diperhatikan oleh seseorang, yaitu:

Baca Juga: Berikut Ini Beberapa Jenis Minuman Untuk Turunkan Kolesterol Tinggi