Find Us On Social Media :

Hari Kesehatan Nasional, Cegah Sejak Dini Kolesterol Tinggi di Usia Remaja

Remaja rutin berolahraga, calah satu cara cegah sejak dini kolesterol.

GridHEALTH.id - Kolesterol adalah zat berlemak dan berlemak yang mengalir melalui darah dan penting untuk banyak fungsi dalam tubuh, termasuk membantu membuat hormon, membantu membuat vitamin D, dan membangun membran sel.

Kolesterol diperoleh dari produk hewani yang kita makan. Itu juga diproduksi di organ hati kita. Hati dapat membuat semua kolesterol yang dibutuhkan tubuh.

Kadar kolesterol yang direkomendasikan untuk remaja adalah:

- Kolesterol total: Kurang dari 170 mg/dL (9,4 mmol/L)

- Kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL): Kurang dari 100 mg/dL (5,55 mmol/L)

- Kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL): Lebih dari 45 mg/dL (2,5 mmol/L)Ketika seseorang memiliki kolesterol tinggi, mereka memiliki terlalu banyak kolesterol LDL dan/atau tidak cukup kolesterol HDL.Kolesterol LDL dikenal sebagai kolesterol "jahat". Terlalu banyak LDL dalam aliran darah menumpuk di arteri, mengeraskan dan menyumbatnya.

Ini mempersulit jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan meningkatkan kemungkinan serangan jantung, stroke dan penyakit kardiovaskular.

Kolesterol HDL dikenal sebagai kolesterol "baik". Ini membantu menyerap dan membuang kolesterol LDL dari darah dengan membawanya kembali ke hati dan membuangnya dari tubuh. Ini bermanfaat untuk memiliki tingkat HDL yang tinggi

Seberapa umum kolesterol tinggi pada remaja?

Sebuah survei² menemukan bahwa satu dari lima anak dan remaja memiliki kolesterol total tinggi, kolesterol non-HDL tinggi, atau kolesterol HDL rendah.

Baca Juga: Sering Dituding Jadi Penyebab Kolesterol, Padahal Sate Kambing Kaya Gizi yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Baca Juga: Semua Orang Bisa Terkena Kanker Otak, Ini Cara Mengurangi Risikonya

Di antara populasi remaja ini, hampir 9% berusia 16-19 tahun memiliki kolesterol total yang tinggi.Kolesterol tinggi lebih sering terjadi pada:

- Remaja perempuan dibandingkan remaja laki-laki