Find Us On Social Media :

Sering Dituding Jadi Penyebab Kolesterol, Padahal Sate Kambing Kaya Gizi yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Sate kambing, mengandung aneka gizi yang bermanfaat bagi tubuh.

GridHEALTH. id - Daging kambing adalah salah satu sumber protein hewani yang sering disantap masyarakat di Indonesia. Sering dijadikan sate, gulai, hingga sop, daging kambing sebetulnya menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.Daging kambing adalah jenis daging merah yang tinggi kalori, protein, dan lemak. Protein  daging kambing cukup adalah 20,6 gram per 100 gram porsi penyajiannya, sementara kandungan lemak daging kambing sekitar 2,3 gram dan kalori daging kambing sebesar 109 kkal.Kalori dan lemak digunakan untuk menyediakan energi ke setiap sel dalam tubuh. Protein juga dapat digunakan untuk menyuplai energi.Akan tetapi, fungsi utama dari protein adalah membantu membuat hormon dan membangun massa otot.

Bila diolah dengan tepat, daging kambing adalah salah satu makanan sehat yang baik untuk tubuh yaitu mencegah anemia, menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan massa otot.

Kandungan kalium dalam daging kambing yang cukup tinggi membantu mempermudah kinerja jantung saat memompa darah. Jadi, ritme detak jantung pun tetap normal.Selain itu, kalium membantu menstabilkan tekanan darah karena membantu membuang kadar natrium berlebih pada tubuh melalui urine. Natrium atau mineral pada garam merupakan salah satu pemicu hipertensi.

Daging kambing juga terbukti memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan daging sapi atau ayam, yakni 268 kkal dan 120 kkal dalam 100 gram.Selain itu, makan daging kambing manfaatnya juga ikut mengurangi rasa lapar. Sebab, protein mampu mengurangi kadar hormon pemicu rasa lapar atau hormon ghreline.

Baca Juga: Sate Kambing Bukan Penyebab Darah Tinggi, 5 Makanan Ini Biang Keladinya, Salah Satunya Acar

Baca Juga: 5 Pengobatan Rumahan Untuk Menghilangkan Benjolan di Bawah Mata

Protein daging kambing juga membantu meningkatkan kadar hormon peptide YY atau hormon pemicu rasa kenyang. Jadi cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang berdiet.

Sering dituding sebagai sumber kolesterol, ternyata kandungannya memberi manfaat untuk kesehatan.

Satu porsi sate kambing yang terdiri dari sepuluh tusuk mengandung energi sebesar 211 kilokalori, protein 41,7 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 4,9 gram, kalsium 44 miligram, fosfor 412 miligram, dan zat besi 2,7 miligram. 

Selain itu di dalam Sate Kambing juga terkandung vitamin A sebanyak 5 IU, vitamin B1 0,13 miligram dan vitamin C 0 miligram. 

Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Sate Kambing, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Berikut rincian komposisi kandungan nutrisi/gizi pada sate kambing: