Find Us On Social Media :

Waspadai 11 Penyakit Mata yang Umum Terjadi, Jangan Anggap Remeh

Inilah 11 jenis penyakit mata yang umum terjadi, kenali dan jangan dibiarkan.

GridHEALTH.id - Seiring bertambahnya usia, kemampuan penglihatan seseorang akan mengalami penurunan secara alami.

Akan tetapi penyakit mata tidak menutup kemungkinan terjadi juga pada orang dengan usia yang lebih muda. Oleh karena itu simak ulasan berikut ini terkait beragam penyakit mata yang umum terjadi.

Penyakit Pada Mata

Penyakit mata tidak dapat dibiarkan begitu saja, karena ada beberapa penyakit mata yang berisiko menyebabkan kebutaan, mulai dari degenerasi makula terkait usia, katarak, retinopati diabetik, hingga glaukoma.

Ada beragam faktor risiko yang menyebabkan penyakit mata, seperti riwayat penyakit mata keluarga, latar belakang etnis, atau kondisi kesehatan lain yang mendasari (diabetes atau tekanan darah tinggi), waspadai dan perhatikan perubahannya agar dapat terdeteksi sejak dini.

Penyakit Mata yang Umum Terjadi

Kenali berikut ini beragam jenis penyakit mata yang umum terjadi, yaitu:

1. Kesalahan refraksi

Kesalahan refraksi ini meliputi myopia (rabun dekat), hyperopia (rabun dekat), astigmatisme (penglihatan terdistorsi pada semua jarak), dan presbiopia yang terjadi antara usia 40-50 tahun (kehilangan kemampuan untuk fokus dari dekat).

2. Degenerasi makula terkait usia (AMD)

Kelainan mata yang terkait dengan penuaan dan mengakibatkan kerusakan penglihatan tajam dan sentral, yang berperan untuk melihat objek dengan jelas dan untuk aktivitas sehari-hari, seperti membaca dan mengemudi.

Baca Juga: 11 Penyakit Mata yang Bisa Dialami Anak dan Cara Pencegahannya

AMD ini mempengaruhi makula, bagian tengah retina yang memungkinkan mata melihat detail halus, dengan dua jenis di dalamnya yaitu AMD basah dan kering. Segera waspadai jika mengalami penglihatan dengan garis lurus tampak bergelombang, jika dibiarkan dapat menyebabkan kebutaan.

3. Katarak

Ini adalah penyakit mata yang mengalami kekeruhan pada lensa mata dan sering menjadi penyebab utama kebutaan di dunia, penyakit ini dapat terjadi pada usia berapapun dan biasanya dibutuhkan pembedahan untuk mengangkat dan mengganti lensa keruh dengan lensa buatan.

4. Retinopati diabetik

Penyakit mata yang umum lainnya adalah penyakit mata yang ditimbulkan dari komplikasi umum diabetes, di mana penyakit ini ada kerusakan berkelanjutan pada pembuluh darah di retina karena kadar gula yang tinggi di darah dan tidak terkontrol dalam jangka panjang.

5. Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit mata yang diakibatkan oleh tekanan cairan yang lebih tinggi dari normal pada mata, tekanan ini dapat merusak saraf optik yang mempengaruhi informasi visual ditransmisikan ke otak. Saat tidak terdeteksi dan tidak diobati, penyakit ini dapat menyebabkan hilangnya penglihatan dan kebutaan pada satu atau kedua mata.