Find Us On Social Media :

Coba Dengan Cara Alami Atasi Kulit Kering di Wajah, Rasakan Manfaatnya!

Kulit kering di wajah umum terjadi, namun kenali penyebab dan cara alami mengatasi sekaligus mencegahnya berikut ini.

GridHEALTH.id – Kulit yang menjadi kering bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja, terlebih jika didukung dengan kondisi cuaca dan lingkungan yang tidak baik.

Kenali berikut ini salah satu kondisi kulit yang umum terjadi, yaitu kulit kering di wajah dan cara mengatasinya dengan bahan alami.

Kulit Kering di Wajah

Kondisi kulit kering adalah tanda awal dari seseorang tidak memiliki cukup air atau minyak, biasanya karena kehilangan lemak yang menjaga kelembapan kulit atau kurang faktor pelembab alami seperti asam laktat, gula, dan urea.

Kulit kering bisa disertai dengan permukaan yang kasar dan bersisik akibat dari kulit yang tidak terhidrasi dengan sempurna.

Dalam bahasa medis, kondisi ini dikenal dengan istilah xerosis atau xeroderma, kondisi kulit kering ini termasuk yang terjadi di wajah.

Penyebab Kulit Kering di Wajah

Penyebab kulit kering di wajah ada banyak, dimulai dari faktor penuaan yang tidak dapat dihindari, penyakit tertentu yang mendukung seperti gangguan tiroid, endokrin, infeksi, kekurangan vitamin atau mineral, obat tertentu.

Termasuk beberapa penyebab kulit kering di wajah yang berasal dari luar, seperti tinggal di iklim kering, terkena angin atau dingin, penggunaan sabun alkali yang keras, bersentuhan dengan iritan atau alergen, bepergian ke daerah dengan kelembapan rendah, hingga mengalami paparan sinar matahari yang berlebihan.

Cara Alami Atasi Kulit Kering di Wajah

Kulit kering dapat diobati dengan mengubah beberapa rutinitas perawatan kulit atau mengubah beberapa faktor yang berasal dari luar, seperti faktor lingkungan.

Baca Juga: Perbanyak Air Putih dan Juga Jenis Buah-buahan Ini Untuk Kulit Kering

Berikut ini beberapa cara alami atasi kulit kering di wajah yang dapat dilakukan sebagai bentuk dari perubahan rutinitas, yaitu:

1. Gunakan pelembab dari bahan yang menenangkan

Beberapa bahan pelembab yang disebut menenangkan adalah minyak jojoba, mentega shea, asam asetat, urea, asam hialuronat, dimethicone, gliserin, lanolin, minyak mineral, minyak ter, dan lainnya.

2. Hindari penggunaan air panas

Penggunaan air panas langsung untuk kulit saat mandi dapat menghilangkan minyak alami kulit sehingga cukup gunakan air hangat dan pilih sabun yang lembut atau tidak banyak berbusa. Perbanyak konsumsi air putih juga bisa menjadi sumber dari dalam.