Find Us On Social Media :

Berikut Ini Cara Mencegah Risiko Kanker Prostat Terjadi Pada Pria

Olahraga jadi cara mencegah kanker prostat yang banyak dialami pria usia lanjut, kenali cara lainnya sebelum terlambat.

GridHEALTH.id – Seorang pria memiliki salah satu organ yang dikenal dengan kelenjar prostat dan organ tubuh ini tidak dimiliki oleh wanita.

Seorang pria perlu menjaga kesehatan kelenjar ini, supaya tidak berisiko menyebabkan penyakit, yaitu kanker prostat.

Mari mengenali cara mencegah kanker prostat agar tidak terlambat.

Mencegah adalah langkah efektif dan murah jika dilakukan dengan baik, termasuk untuk penyakit kanker prostat.

Apa Itu Kelenjar Prostat?

Untuk mengetahui penyakit kanker ini, maka perlu mengenali terlebih dahulu kelenjar prostat yang menjadi tempat ditemukannya kanker.

Prostat adalah kelenjar yang berbentuk dan berukuran seperti kacang kenari, serta terletak di bawah kandung kemih, mengelilingi saluran kencing (uretra).

Fungsinya untuk menghasilkan cairan yang nantinya akan membantu memberi nutrisi pada sperma dan membantu kesuburan, lalu bersama sperma akan dikeluarkan saat terjadinya ejakulasi, sehingga termasuk dalam organ reproduksi pria.

Saat prostat tidak dijaga kesehatannya, maka dapat berisiko menyebabkan beberapa komplikasi penyakit, seperti tersumbatnya saluran kencing hingga terjadi pembesaran prostat jinak (BPH/benign prostatic hyperplasia), peradangan pada kelenjar, hingga pertumbuhan kanker.

Kapan Dikatakan Pria Mengalami Kanker Prostat?

Kanker prostat terjadi saat ada kondisi di mana sel di dalam kelenjar prostat melipatgandakan diri di luar batas dan berkembang menjadi kanker.

Pada sebagian besar kasus, kanker prostat ini tumbuh dengan lambat sehingga tidak terdiagnosa karena tidak menunjukkan gejala atau masalah kesehatan. Tapi penyakit ini disebut banyak menyerang pria usia lanjut.

Baca Juga: Macam Pengobatan Kanker Prostat, Seperti yang Dialami Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Memang tidak secara spesifik gejala yang ditunjukkan merujuk pada kanker prostat, namun ada beberapa tanda yang dapat mengindikasikan adanya masalah prostat, seperti: