Find Us On Social Media :

Apakah Ada Pengobatan Tradisional untuk Mengatasi Kanker Paru? Ini Jawabannya

Akupuntur adalah pengobatan tradisional kanker paru yang dapat meringankan efek samping kemoterapi.

GridHEALTH.id - Kanker paru bisa terjadi karena dua hal, tumor ganas yang memang berawal dari sana atau sel kanker yang menyebar dari bagian tubuh lain.

Didiagnosis penyakit ini, memberikan dampak yang besar pada pengidapnya, terutama kondisi kesehatan mental yang cenderung menurun.

Rasa sedih dan khawatir diakibatkan oleh pikiran bahwa kanker paru tidak bisa sembuh. Padahal, masih ada kemungkinan bagi pengidapnya untuk kembali sehat.

Apalagi jika kanker terdeteksi pada stadium awal, maka kondisinya akan lebih mudah untuk disembuhkan.

Mengutip laman Cancer.net, bila tumornya masih berukuran kecil dan kanker paru stadium awal, maka kemungkinan sembuhnya sangat besar 80-90%.

Apa Saja Pengobatan Kanker Paru?

Setelah diagnosis dan mengetahui tingkat keparahan, dokter akan menentukan pengobatan kanker paru yang tepat untuk dilakukan.

Setidaknya ada lima pengobatan utama yang bisa dijalankan di antaranya operasi, terapi radiasi, kemoterapi, imunoterapi, dan terapi target.

Operasi dilakukan untuk mengangkat sel kanker, sedangkan metode pengobatan yang lain bertujuan untuk mematikan serta memperlambat perkembangan kanker.

Adakah Pengobatan Tradisional Kanker Paru?

Jenis-jenis pengobatan di atas merupakan perawatan medis yang biasa dilakukan. Beberapa orang mungkin bertanya-tanya apakah kanker paru dapat diatasi dengan pengobatan tradisional?

Baca Juga: Kenali Gejala Kanker Paru Stadium 4, Seperti yang Sempat Dialami Kiki Fatmala

Pengobatan tradisional kanker paru ini hanya bersifat sebagai pelengkap dari perawatan medis yang dijalani. Biasanya dilakukan untuk mengurangi keluhan selama proses penyembuhan.

Pasalnya beberapa pengobatan kanker paru yang umum dijalani kerap menimbulkan efek samping seperti perut tidak nyaman hingga tidak bisa tidur.