Find Us On Social Media :

Kulit Gatal Akibat Biduran Saat Hamil, Apa Obat yang Aman Diberikan?

Mengobati biduran saat hamil harus menggunakan obat yang diresepkan dokter.

GridHEALTH.id - iduran selama kehamilan mungkin paling sering terjadi di perut dan juga bisa menyebar ke anggota tubuh.

Biduran sering dikenal sebagai gatal-gatal, adalah kondisi kulit yang ditandai dengan bilur merah (benjolan) yang gatal dan meninggi. Saat  hamil, biasanya akan terasa panas dan gatal, yang pada akhirnya bisa menyebabkan gatal-gatal.Tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa ada peningkatan risiko biduran selama kehamilan. Kemungkinan kita mengalami gatal-gatal selama kehamilan sama dengan risiko selama masa non-kehamilan.

Apa Penyebab Biduran Selama Kehamilan?

Saat tubuh kita mengalami perubahan selama kehamilan, sistem kekebalan mungkin menganggap perubahan ini sebagai benda asing. Dengan demikian, ia melepaskan histamin ke dalam aliran darah, dan histamin ini dapat menyebabkan gatal-gatal pada tubuh dan wajah.

Gatal-gatal dapat dipicu oleh faktor-faktor termasuk  bulu binatang, obat, bahan kimia, gigitan serangga, serbuk sari atau makanan yang dapat memicu biduran seperti makanan laut, telur, dan ikan.

Perawatan Untuk Biduran Selama Kehamilan

Jangan mengobati sendiri dengan meminum obat yang dijual bebas. Konsultasikan dengan dokter dan ikuti resep yang diberikannya.

Untuk gatal-gatal kehamilan, dokter mungkin meresepkan antihistamin yang dijual bebas seperti Benadryl, Allegra, Claritin, Chlor-Trimeton, dan Zyrtec.

Untuk biduran yang memunculkan ruam yang parah, dokter mungkin menyarankan obat oral dan krim antigatal.

Obat Alami Untuk Biduran Saat Hamil

Beberapa pengobatan alami telah ditemukan untuk meredakan gatal dan ruam. Beberapa dari mereka adalah:

Baca Juga: Gatal-gatal Hilang, Ini Tips Menyembuhkan Biduran dengan Bahan Alami

Baca Juga: Tidak Semua Demam Harus Diberikan Antibiotik, Lihat Cara Penggunaannya

- Mandi oatmeal ditemukan untuk menghilangkan rasa gatal yang disebabkan oleh gatal-gatal. Ini anti-inflamasi dan memiliki sifat melindungi kulit.

-  Lidah buaya dikenal dengan efek pendinginannya. Ekstrak gel lidah buaya segar dan oleskan ke area yang terkena. Biarkan selama beberapa waktu dan cuci dengan air dingin.