Find Us On Social Media :

Penyebab Kutu Air di Tangan, Ini Cara Mengobati dengan Bahan Alami!

Inilah bentuk dari kutu air di tangan, kenali penyebab dan cara mengobatinya.

GridHEALTH.id – Perasaan gatal yang sangat intens akan sangat mengganggu aktivitas harian seseorang, sebaiknya tidak diabaikan dan mulailah untuk mengobatinya dengan bahan alami.

Sama seperti penyakit kutu air di tangan berikut ini, jangan lagi disepelekan dan lakukan pengobatan sederhana, serta dimulai dengan mengenali penyebabnya. Simak ulasannya berikut ini.

Kutu Air di Tangan

Masih banyak orang yang mengabaikan penyakit ini, meski kutu air bisa terasa sangat mengganggu, khususnya keberadaannya pada tangan.

Disebutkan dalam laman verywellhealth.com bahwa umumnya kutu air di tangan ini terjadi akibat adanya infeksi yang menyebar dari kaki ke tangan, biasanya karena menggaruk kaki yang terkena kutu air sehingga jamur berpindah tempat.

Beberapa gejala yang ditimbulkan adalah jari dan tangan gatal, kemerahan, kulit bersisik atau mengelupas, hingga ruam berbentuk cincin, yang bisa terasa di satu atau kedua tangan, meski seringnya hanya pada satu tangan.

Sebagai penyakit infeksi jamur yang dapat menular, biasanya gejala akan muncul selama empat hingga 14 hari setelah kontak dengan jamur.

Penyebab Munculnya Kutu Air di Tangan

Sama seperti kutu air pada bagian kaki, kutu air di tangan juga disebabkan oleh adanya infeksi jamur yang menular, namun lebih dikenal dengan sebutan medis tinea manuum meski penyebab jamurnya sama.

Jamur ini adalah dermatofita, sebuah jenis kuman yang hidup di kulit mati, rambut, hingga jaringan kuku, dengan penyebarannya melalui kontak langsung atau barang yang terkontaminasi. Paling sering adalah dermatofita jenis tripchophyton rubrum.

Tahukah, dermofita akan tumbuh dengan subur di daerah yang hangat, lembab, dan basah, sehingga umumnya ditemukan di permukaan kolam renang, kamar mandi, dan lainnya.

Baca Juga: Asal Muasal Kutu Air yang Datang di Sela-sela Jari, Simak Juga Cara Mengatasinya