Find Us On Social Media :

Pentingnya Peran Navigator Pasien Kanker, Siapakah Dia yang Menjadi Harapan Untuk Kesembuhan Pasien?

Indonesia masih kekurangan navigator pasien kanker, kenali pentingnya kehadiran mereka dalam proses penyembuhan pasien kanker.

GridHEALTH.id – Kanker masih menjadi penyakit dengan angka mortalitas yang tinggi, karena berbagai faktor dan hambatan yang dihadapi oleh pasien saat berjuang untuk bertahan melalui kanker.

Ada sekitar 2.000 lebih jenis kanker yang ada di dunia dan diderita oleh banyak orang termasuk masyarakat Indonesia, namun di sisi lain informasi mengenai kanker masih sedikit, membuat banyak pasien kanker yang merasa takut dalam menjalankan rangkaian pengobatan.

Dengan kondisi ini, CISC (Indonesian Cancer Information and Support Centre Association) pun meluncurkan buku dengan judul Panduan Navigasi Bagi Kanker Payudara untuk memberikan informasi yang benar mengenai kanker, khususnya kanker payudara, serta mengenalkan keberadaan serta manfaat navigator pasien kanker bagi pasien dan lingkungan sekitar.

Salah satu peran penting dari rangkaian pengobatan kanker yang dijalani pasien dan tertuang dalam buku tersebut adalah peran navigator pasien kanker, yang masih sangat kurang dan belum dikenal luas keberadaannya.

Mari mengenali lebih jauh mengenai navigator pasien kanker di Indonesia dan tantangan yang dihadapi hingga saat ini, sehingga dapat menjadi harapan untuk pasien kanker Indonesia mau menjalankan pengobatan dengan teratur. Simak ulasannya berikut ini.

Tantangan yang Dihadapi Pasien Kanker di Indonesia

Banyak pasien kanker yang menjadi khawatir dan menghadapi berbagai hambatan dalam sepanjang pengobatannya, hingga memicu terjadinya stres setelah didiagnosis menderita kanker.

“Begitu seseorang terkena kanker, yang pasti terjadi adalah terkena stres, apakah saya masih bisa urus keluarga, apakah saya masih bisa hidup, apakah saya masih bisa bekerja, bagaimana dengan biaya, hubungan pernikahan, dan sebagainya.

“Seringkali stres menyebabkan seseorang terlambat diobati, (terbukti) 70% dari pasien kanker payudara yang datang ke rumah sakit itu dalam keadaan lanjut dan lanjut lokal, tandanya hasil pengobatannnya menjadi sangat kurang baik,” jelas Prof. Dr. dr. Soehartati Argadikoesoema Gondhowiardjo, Sp.Rad (K),Onk.Rad dalam peluncuran buku Panduan Navigasi Bagi Penderita Kanker Payudara pada Selasa lalu (29/11/2022).

Beberapa tantangan dan hambatan yang umum dihadapi oleh pasien kanker, yaitu:

- Komunikasi, informasi, dan edukasi

Baca Juga: Hoaks Picu Penderita Kanker Payudara Semakin Takut, CISC Luncurkan Buku Panduan Navigasi Untuk Pasien, Baca Bukunya di Sini!