Find Us On Social Media :

Penyebab Kapalan di Jari Tangan dan Cara Ampuh Atasi dengan Bahan Alami

Keseringan dan terlalu lama bermain gitar juga bisa menyebabkan kapalan di jari tangan. Atasi dengan bahan alami.

GridHEALTH.id -  Kapalan adalah area kecil di tubuh kita di mana kulit menjadi terangkat dan keras akibat gesekan dan gosokan berulang. Kapalan terasa tebal dan kenyal saat disentuh. Kulit di bawah dan di sekitar kalus mungkin terasa sensitif terhadap tekanan.

Meskipun tidak berbahaya bagi kesehatan, kapalan dapat menjadi sumber iritasi jika kita tidak menyukai penampilannya  lalu kita garuk atau kopek-kopek. Juga mengganggu penampilan..

Kapalan sering terjadi pada jari, tangan, kaki dan jari kaki dan telapak kaki. Bentuk dan ukurannya bisa bermacam-macam, dan jarang menimbulkan rasa sakit.

Penyebab kapalan di jari dan tangan

Semua kapalan disebabkan oleh gerakan berulang yang menghasilkan gesekan pada kulit Kita. Seiring waktu, sel-sel kulit mati menumpuk dan mengeras di atas yang baru sebagai mekanisme pertahanan untuk melindungi kulit di bawah kapalan.

Ini adalah beberapa alasan umum kapalan terbentuk di tangan dan jari Kita:

- Kalus penulis

Kalus penulis, juga disebut tonjolan penulis, muncul di antara dua jari kita di ruang tempat kita biasanya memegang pena atau pensil. Ini biasanya terjadi di antara jari tengah dan jari manis.

- Tangan senam

Kapalan yang terjadi karena mencengkeram dan mengangkat beban tanpa sarung tangan terkadang disebut tangan gym.

Kapalan ini biasanya ditemukan pada punggungan kulit di telapak tangan kita tepat di bawah jari-jari kita, di mana gesekan dari berulang kali mencengkeram beban akan terjadi.

- Pekerjaan padat karya