Find Us On Social Media :

Mulai Sekarang Stop Gaya Hidup yang Jorok dan Buruk, Bisa Jadi Penyebab Awal Kanker Usus Besar

Kenali gejala kanker usus besar, jangan disepelekan dan deteksi dini mulai sekarang.

GridHEALTH.id - Kanker usus besar menjadi salah satu jenis kanker yang sulit untuk terdeteksi. Padahal penting untuk mendeteksi sejak dini suatu kanker, termasuk kanker usus besar agar segera mendapatkan pengobatan. Mulailah dengan mengenali penyebab, gejala, dan cara mencegahnya berikut ini. Apa Itu Kanker Usus Besar?

Ada dua ribu lebih jenis kanker di dunia yang dapat menyerang berbagai anggota tubuh seseorang, termasuk usus besar.

Kanker usus besar adalah kondisi yang diawali dengan adanya pertumbuhan polip di dalam usus besar atau rektum. Saat polip dapat ditemukan dan dihilangkan sebelum menjadi ganas, maka kanker kolorektal dapat dicegah. Kanker ini dikenal juga dengan sebutan kanker kolorektal dalam bahasa medis dan belum sesering jenis kanker lainnya seperti kanker payudara, meski sebenarnya kanker ini menjadi salah satu penyebab utama kematian akibat kanker. Usus besar adalah organ tubuh yang berbentuk tabung panjang dengan huruf U terbalik, yang mengarah ke ujung saluran untuk membuang limbah di tubuh. Kanker ini dimulai di lapisan usus atau diujungnya.

Gejala Kanker Usus Besar

Baca Juga: Apakah Bisa Disembuhkan? Sempat Berjuang dari Tahun 2016, Penyakit Kanker Usus Besar Merenggut Nyawa Pemeran Black Panther

Untuk mendeteksi sejak dini risiko kanker usus besar, maka perlu mengenali beberapa gejala berikut yang perlu diwaspadai, yaitu:

- Nyeri perut

- Ada darah pada tinja

- Penurunan berat badan tiba-tiba

- Diare

Penyebab Kanker Usus Besar

Tidak muncul secara kebetulan, tentu ada penyebab pertumbuhan kanker usus besar, berikut ini diantaranya:

-  Sindrom genetik seperti familial adenomatous polyposis (FAP) atau kanker kolorektal non-poliposis herediter (sindrom Lynch)