Find Us On Social Media :

Mitos atau Fakta Penderita Kolesterol Dilarang Makan Durian? Simak Disini!

GridHEALTH.id - Di Indonesia kita banyak menemui buah durian, karena memang buah ini adalah salah satu buah tropis yang tumbuh subur di Asia Tenggara.

Tetapi tidak sedikit orang yang masih enggan mengonsumsi buah durian karena dikatakan kolesterol bakal naik setelah mengonsumsi buah ini. Benarkah demikian?

Asal tahu saja setiap 100 gram daging buah durian mengandung 134 kilo kalori, energi 2,5 gram, protein 3 gram lemak, dan 28 gram karbohidrat.Kandungan energi dan lemak durian, lebih tinggi dibanding buah tropis lainnya seperti, buah mangga, buah nangka, buah pepaya, atau buah nanas.Sebagian besar lemak pada buah durian, adalah lemak yang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.Zat Bioaktif DurianDurian memiliki kandungan kalium yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari buah pisang. Buah durian juga sumber zat besi, tembaga, dan zink yang baik. Kandungan serat buah durian juga tergolong tinggi.Vitamin E dan beta-karoten yang tinggi pada durian berperan sebagai antioksidan. Tidak hanya itu, buah ini juga mengandung senyawa bioaktif lain, sebagai antioksidan dan menangkal radikal bebas.

Durian tidak mengandung kolesterol sama sekali. Kolesterol hanya ada pada hewan. Beberapa penelitian menunjukkan, durian memiliki efek antiaterosklerosis yang dapat mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.Beberapa senyawa volatil pada durian, menghambat pembentukan kolesterol asam lemak. Sehingga membantu menjaga kolesterol dalam darah. Kandungan lemak didominasi asam lemak tidak jenuh yang juga bermanfaat baik untuk tubuh.

Dilansir dari Tribunhealth.com hal ini dijelaskan Ahli Gizi Komunitas, Dr. dr.  Tan Shot Yen, M.Hum dalam tayangan YouTube Tribun Health edisi 21 September 2021 menyebutkan, lemak dari nabati atau lemak dari tumbuhan sama sekali tidak memiliki  kolesterol.

Dengan demikian, durian tidak mengakibatkan  kolesterol menjadi naik meskipun mengandung lemak jenuh. Namun lemak jenuh yang terkandung tidak identik dengan  kolesterol.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Manfaat Durian Untuk Kesuburan Wanita

Baca Juga: Kemungkinan Sembuh Penderita Crohn's Disease, Simak Juga Langkah Pencegahannya

Hubungan durian dengan kesehatan Beberapa penelitian membuktikan, konsumsi buah durian 250 gram tidak akan menyebabkan tekanan darah naik. Tapi, kandungan karbohidrat yang sebagian besar berbentuk gula pada durian, yang bisa menyebabkan gula darah meningkat.Kandungan kalium durian yang tinggi, perlu diwaspadai, terutama pengidap penyakit ginjal. Buah yang dijuluki “raja buah” ini dikatakan makanan padat energi, tinggi gula, dan tinggi lemak.Buah durian sama sekali tidak mengandung kolesterol dan tidak menyebabkan kolesterol naik. Atau meningkat. Kandungan gizi pada durian justru bermanfaat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.Selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan, makan buah durian, tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan. (*)