Find Us On Social Media :

Kemungkinan Sembuh Penderita Crohn's Disease, Simak Juga Langkah Pencegahannya

Penderita penyakit Chron wajib menghindari banyak serat agar penyakitnya tidak mudah kambuh.

GridHEALTH.id - Penyakit Crohn adalah peradangan pada saluran pencernaan. Itu bisa terjadi di mana saja dari mulut ke anus.

Gejalanya bervariasi dari satu orang ke orang lain, tetapi sering kali termasuk merasa lelah dan mengalami diare, sakit perut, mual, demam, dan perubahan berat badan.Pakar medis tidak tahu apa yang menyebabkan penyakit Crohn, siapa yang paling mungkin mendapatkannya, dan apa yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyakit tersebut.

Tetapi kita dapat mengambil langkah-langkah yang dapat membantu kita, yaitu mengurangi episode kekambuhan, mengelola gejala, dan mengurangi  mengurangi kemungkinan peningkatan ketidaknyamanan.

Mencegah Kekambuhan Penyakit Crohn

1. Hindari makanan yang jadi pemicuPelajari makanan dan minuman mana yang dapat memperburuk gejala. Menghindari makanan yang menyebabkan kita bermasalah di masa lalu dapat membantu mengurangi gejala di masa mendatang.Apakah kita tidak yakin makanan mana yang berkontribusi terhadap gejala? Simpan buku harian makanan dan lacak apa yang kita makan, bagaimana perasaan kita terhadap setiap makanan, dan jika menghilangkan makanan itu dari diet mengurangi gejala.

Kita mungkin dapat mengidentifikasi makanan yang menyusahkan dengan melakukan ini. Hilangkan makanan tersebut dari diet. Jika gejala berkurang,  kita telah menemukan makanan yang menyinggung.

Beberapa makanan paling umum yang memperburuk gejala meliputi karbohidrat, produk susu, makanan berserat tinggi dan makanan rendah serat2. Batasi produk susuProduk susu dapat memperburuk gejala seperti diare, sakit perut, dan gas. Ini terutama jika kita idak toleran terhadap laktosa, yang berarti tubuh  tidak dapat mencerna gula dalam susu, atau laktosa dengan baik. Mengambil produk enzim, seperti Lactaid, dapat membuat pencernaan lebih mudah.

Baca Juga: Bukan Hanya Diare yang Dirasakan, Waspada Gejala Umum Chron's Disease

Baca Juga: Penderita Darah Rendah Bisa Diatasi dengan Makan Sate Kambing, Memang Benar? Cek Disini!

3. Waspadai seratSerat dapat membantu beberapa orang mengatur dan mengalirkan sistem pencernaan mereka. Ini terutama benar jika kita menderita diare kronis. Serat dapat membantu menambahkan kotoran ke tinja, yang meningkatkan mobilitas usus dan membantu makanan melewati usus lebih cepat.

Namun, jika kita memiliki bintik-bintik sempit atau batasan di usus,  makanan berserat tinggi dapat meningkatkan sakit perut dan memperburuk gejala Crohn.

Jangan menambah serat makanan, atau memulai diet tinggi serat tanpa terlebih dahulu mendiskusikan kemungkinan efek sampingnya dengan dokter.

4. Minum banyak airUsus kita membutuhkan cairan untuk bekerja dengan baik. Jika kita mengalami dehidrasi, gejala  mungkin meningkat. Yang terbaik adalah menjauhi alkohol dan minuman berkafein. Jika kita meminum minuman jenis ini, kita mungkin melihat peningkatan gejala.