Find Us On Social Media :

10 Perubahan pada Tubuh Ini Menandakan Penyakit Ginjal, Segera ke Dokter

Urine berbusa tanda awal penyakit ginjal

 

GridHEALTH.id - Jika bisa terdeteksi sejak dini, penyakit ginjal bisa disembuhkan. Karenanya jangan sepelehan 10 perubahan pada tubuh berikut ini yang merupakan gejala penyakit ginjal.

Untuk diketahui, jika fungsi ginjal terganggu, tubuh akan memberikan tanda-tanda atau gejala yang timbul. Sayangnya banyak yang tidak menyadarinya atau mengabaikannya.

Asal tahu saja, penyakit ginjal menjadi penyebab kematian ke-10 di Indonesia dengan jumlah kematian lebih dari 42 ribu pertahun.

Fungsi Ginjal

Ginjal berfungsi untuk membuang sisa metabolisme dalam tubuh.

Semua proses dalam tubuh akan dibuang melalui hati dan ginjal, pembuangan dari ginjal disalurkan melalui urin sedangkan pembuangan dari hati itu melalui anus.

Baca Juga: Kisah Jimmy Penyintas HIV yang Sempat Putus Asa dan Jadi Relawan

Fungsi ginjal selain memproduksi urin adalah sebagai keseimbangan cairan, misal saat suhu udara dingin maka tubuh akan lebih sering buang air kecil, tapi kalau suhu udara panas tubuh akan merasa kekurangan cairan.Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) dr. Zulkhair Ali mengatakan, dikutip dari kemkes.go.id (17/03/2022), jika ginjal tidak berfungsi maka akan terjadi gagal ginjal.

Ia menyebut penyakit ginjal yang umum dialami adalah batu ginjal, infeksi ginjal, radang ginjal, ginjal karena diabetes, ginjal karena hipertensi, ginjal karena lupus, dan ginjal karena polikistik.Penyakit-penyakit tersebut dapat menurunkan fungsi ginjal.

Fungsi ginjal dapat dibagi dua, umumnya yaitu gangguan ginjal akut dan penyakit ginjal kronik. Kemudian pada penyakit ginjal kronik ada fase yang dinamakan akut on kronik.

Baca Juga: 6 Tanda-tanda Usus Buntu Sering Disepelekan, Tak Hanya Nyeri Perut

''Yang menarik adalah pada penyakit ginjal akut, gejala pada pasien terlihat berat sekali tapi bisa sembuh sempurna. Sedangkan penyakit ginjal kronik itu pasien tidak merasakan apapun, tidak ada gejala, tapi ketika sudah berat akhirnya harus cuci darah dan tidak bisa disembuhkan kembali,'' katanya dalam konferensi pers secara virtual Hari Ginjal Sedunia di Jakarta, Kamis (17/3).Seperti apa gejala penyakit ginjal?

Gejala Penyakit Ginjal

Berikut tanda-tanda gijal bermasalah yang bisa diketahui dari 10 perubahan tubuh.