Find Us On Social Media :

Mengatasi Biduran yang Tak Kunjung Sembuh, Sebenarnya Apa Penyebabnya?

Inilah penyebab biduran tak kunjung sembuh dan beginilah cara mengatasinya

GridHEALTH.id - Biduran ada yang bisa mendera setiap hari. Biduran ini yang disebut biduran kronis, yang kejadiannya bisa selama enam minggu atau lebih.Tentu kondisi ini sangat membuat tak nyaman. Untuk itulah wajib mengetahui bagaimana cara mengatasi biduran yang bisa disebabkan oleh alergi dari suatu zat yang membuat imun tubuh bereaksi.Untuk diketahui, biduran atau urtikaria adalah istilah medis untuk menggambarkan kondisi gatal-gatal di kulit yang menyebabkan bilur atau benjolan di kulit. Biduran kronis dapat menyebabkan rasa gatal dan bilur yang berlangsung selama lebih dari 24 jam.Kemudian, saat gatal-gatal lama memudar, akan muncul gatal baru di area yang lain.

Baca Juga: Apakah Air Kelapa Bisa Mengatasi Biduran Agar Tidak Kambuh Lagi?

Pada sebagian orang, gejala biduran ini dapat menghambat aktivitas sehari-hari dan mengganggu waktu tidur mereka.

Penyebab biduran

Penyebab utama munculnya bilur pada kulit sejatinya adalah kadar histamin dalam jumlah yang tinggi.Ketika dilepaskan ke kulit, kadar histamin ini akan membuat pembuluh darah melebar, hingga pada akhirnya juga akan meningkatkan aliran darah.Akibat banyaknya darah yang mengalir di bawah permukaan kulit, inilah yang sebabkan kulit tampak memerah.Selain itu, kelebihan cairan juga menjadi penyebab terjadinya pembengkakan pada kulit serta rasa gatal yang menyertainya.

Baca Juga: Biduran Tak Kunjung Sembuh Meski Sudah Minum Obat? Lakukan 3 Hal ini!

Biduran juga bisa dipicu oleh sejumlah bahan makanan tambahan, termasuk pengawet dan pewarna buatan.Namun, para ahli meyakini bahwa urtikaria kronis lebih sering disebabkan oleh suatu penyakit autoimun.Riset dari The Indian journal of medical research (2019) mencatat sekitar 45% pasien dengan urtikaria kronis punya gangguan autoimun, sedangkan 55% sisanya bersifat idiopatik atau tidak diketahui dengan jelas penyebabnya.Penyakit autoimun terjadi saat sistem imun (kekebalan tubuh) keliru menyerang sel-sel sehat yang ada di tubuh sendiri.Sejumlah penyakit autoimun lainnya yang disebut menjadi penyebab biduran tak kunjung sembuh adalah lupus, cryoglobulinemia (kelainan protein darah), dan rheumatoid arthritis (peradangan sendi).

Baca Juga: Micin untuk Perawatan Wajah, Viral Setelah Wanita Ini Share Videonya, Dokter Beri Peringatan

Jika sudah tidak merasa nyaman, inilah beberapa cara untuk mengatasi biduran kronis.

Obat Biduran

Konsumsi antihistamin

Perawatan paling awal yang dapat dilakukan untuk mengatasi biduran kronis yaitu dengan mengonsumsi antihistamin.Beberapa obat jenis antihistamin yang dapat diberikan untuk mengatasi biduran kronis adalah simetidin, ranitidin, dan klorfeniramin. Perawatan biasanya dilakukan dengan konsumsi antihistamin tanpa obat penenang pada siang hari dan dengan obat penenang di malam hari.Dalam jumlah dosis yang disesuaikan, semua obat antihistamin memiliki kemanjuran yang sama.

Minum obat histamin blocker

Selain obat antihistamin, mengatasi biduran tak kunjung sembuh ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi histamin blocker.

Baca Juga: Rajin Konsumsi Putih Telur Ternyata Baik Untuk Ginjal Sehat, Cukup di Dadar

Obat ini digunakan dengan cara disuntik atau diminum.Beberapa contoh obat jenis ini diantaranya simetidin, ranitidine, dan famotidine.