Find Us On Social Media :

Cara Tepat Mengobati Eksim Kering, ada 4 Obat yang Manjur untuk Mengatasinya

Berikut daftar 4 obat untuk mengatasi eksim kering yang direkomendasikan.

GridHEALTH.id - Eksim adalah suatu kondisi dimana terdapat bercak kulit yang meradang, menjadi gatal, pecah-pecah, dan kasar. Jika digaruk, eksim dapat menyebabkan kulit menjadi lecet.

Jadi seseorang yang mengalami eksim akan merasakan gatal, kulit juga menjadi ruam, pecah, kasar, dan meradang.

Untuk diketahui, eksim ada dua jenis;

* Eksim basah

Ini adalah jenis eksim yang ditandai dengan ruam lembab dan berbuih. Ruam ini biasanya muncul bersamaan dengan infeksi bakteri, sehingga ruam tersebut terasa sangat gatal dan bahkan dapat menyebabkan rasa sakit.

Eksim basah biasanya lebih umum terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa.

Baca Juga: Jenis Makanan untuk Penambah Darah Rendah Selain Daging Kambing

* Eksim kering

Ini adalah jenis eksim yang paling umum. Penyebab utamanya adalah kulit kering, yang mengakibatkan beberapa gejala seperti gatal dan kemerahan pada kulit.

Kondisi ini biasanya dapat terjadi karena faktor lingkungan, seperti cuaca kering, kontak dengan bahan kimia, dan penyakit autoimun.

Kebanyakan jenis eksim kering dapat kita atasi dengan mengikuti pengobatan topikal atau penggunaan di atas permukaan kulit.

Pilihan obat topikal di antaranya adalah krim, salep, dan obat oles yang mengandung steroid atau komponen anti-inflamasi lainnya.

Obat-obatan ini bertujuan untuk mengurangi gejala yang bisa mengganggu aktivitas harian pada orang dewasa maupun anak, seperti gatal dan kemerahan pada kulit. Beberapa obat eksim kering yang paling umum adalah kortikosteroid seperti krim hidrokortison, krim triamsinolon, dan salep fluocinonide.

Baca Juga: Pilihan Obat Sakit Mata Alami yang Mudah Ditemukan dan Banyak Khasiat