Find Us On Social Media :

Apakah Biduran Bisa Sembuh Secara Sendiri Tanpa Harus Minum Obat?

Umumnya biduran dapat sembuh sendiri tanpa obat.

GridHEALTH.idBiduran atau urtikaria adalah munculnya bintik-bintik putih, merah muda, atau merah secara tiba-tiba pada kulit yang membentuk ruam yang sangat gatal.

Kondisi ini dapat terjadi pada pasien dengan usia berapapun. Reaksi alergi, bahan kimia dalam makanan tertentu, sengatan serangga, sinar matahari, dan obat-obatan dapat menyebabkan biduran.

Pada anak-anak, biduran biasanya dialami sebagai akibat reaksi alergi dari makanan atau obat-obatan tertentu.

Seringkali tidak mungkin untuk mengetahui dengan tepat mengapa biduran terbentuk.

Biduran bisa muncul di mana saja di tubuh kita dan bisa terlihat, seperti bintik-bintik kecil, bercak, atau benjolan besar yang menyambung.

Gangguan kulit ini bervariasi dalam ukuran (dari butiran seperti beras, hingga sebesar piring makan), dan dapat bergabung bersama untuk membentuk area yang lebih luas yang dikenal sebagai plak.

Kondisi ini bukanlah penyakit yang membahayakan, tetapi bisa membuat kita merasa tidak nyaman saat tidur atau sepanjang hari karena sensasi gatal yang muncul.

Mereka bisa bertahan berjam-jam, atau hingga satu hari sebelum memudar.

Meskipun biasanya tidak berbahaya, tetapi penyakit kulit ini bisa membuat orang dewasa, apalagi anak-anak merasa sangat tidak nyaman.

Baca Juga: Benarkah Anak Biduran Tidak Boleh Mandi? Cek Faktanya di Sini

Umumnya biduran dapat sembuh sendiri tanpa obat. Namun, terkadang pasien tidak dapat menahan rasa gatal dan perih akibat biduran

Untuk mengatasi biduran biasanya dokter akan meresepkan obat anti histamin, losion yang mengandung kalamin dan obat antiradang.