Find Us On Social Media :

Dinding Rumah Berjamur Bisa Sebabkan Penghuninya Keracunan, Jangan Didiamkan

Jangan biarkan dinding rumah berjamur, terlebih di kamar. Bisa sebabkan keracunan bagi penghuninya.

GridHEALTH.id - Jangan tenang-tenang saja saat mendapati dinding rumah kita berjamur, aplagi di kamar tidur. Penghuninya bisa keracunan.

Keracunan bagi penghuni rumah yang dindingnya berjamur bukan mitos.

Menurut Ahli Gizi dari Marvin's Den di Inggris, Rory Batt, mengatakan infeksinya dapat mengakibatkan disfungsi sistem yang luas di dalam tubuh."Jamur dapat menjajah sinus dan usus setelah terhirup dari lingkungan berjamur ataupun tertelan dari makanan berjamur. Kedua rute kolonisasi dapat mengakibatkan gejala yang melemahkan," paparnya mengingatkan.

Malah ahli tersebut pun mewanti-wanti, zat dalam jamur yang disebut mikotoksin.

Baca Juga: Dada Terasa Nyeri Seperti Ditusuk Jarum, Apakah Gejala Penyakit Jantung?

Katehuilah, jamur merupakan ancaman tersendiri karena dapat melepaskan zat beracun yang disebut mikotoksin.

Mikotoksin dapat dilepaskan secara internal dan dapat dihirup secara langsung."Mikotoksin ini dapat merusak tubuh dan proses selulernya serta menyebabkan penyakit kronis. Mikotoksin adalah racun mitokondria. Mitokondria adalah pabrik energi tubuh, dan disfungsi mereka terlibat dalam berbagai penyakit kronis," jelas Batt, dilansir laman Express, Selasa (20/12/2022).Nah, mitokondria menggerakkan banyak proses dalam tubuh, dengan menjadi penghasil energi metabolisme.

Jika mitokondria terganggu, banyak hal yang bisa salah di seluruh sistem saraf, kekebalan, kardiovaskular, dan hormonal.

Baca Juga: Ketahui Cara Lain Mengobati Kanker Usus Tanpa Harus Dioperasi

"Akibatnya juga ada efek neurologis yang cukup parah. Mikotoksin dapat memperburuk dan menyebabkan peradangan parah, yang juga mendasari banyak gejala yang terkait dengan toksisitas jamur," jelas Batt lebih jauh.Tak hanya itu, masih menurut Batt, Jamur juga dapat menyebabkan kondisi yang disebut chronic inflammatory response syndrome (CIRS).

Biotoksin seperti jamur dapat menjadi penyebab utamanya dan memicu sistem kekebalan menjadi keadaan yang menyebarkan peradangan kronis yang tak henti-hentinya, yang dapat menyebabkan gejala melemahkan terus-menerus.Gejala CIRS dapat berupa kesemutan dan mati rasa di tangan dan kaki.

Adalagi gejala neurologis CIRS, yaitu: