Find Us On Social Media :

Dada Terasa Nyeri Seperti Ditusuk Jarum, Apakah Gejala Penyakit Jantung?

Jangan disepelekan, dada terasa nyeri seperti ditusuk jarum bisa jadi satu dari gejala penyakit jantung. Kenali yang lainnya.

GridHEALTH.id – Merasakan dada terasa nyeri seperti ditusuk jarum jangan dibiarkan begitu saja, karena bisa menjadi indikasi dari kondisi yang fatal, salah satunya penyakit jantung.

Akan tetapi tidak semua penderita jantung memiliki gejala yang serupa, oleh karena itu simak penjelasan berikut ini mengenai penyakit jantung, mulai dari gejala hingga faktor penyebabnya.

Pengertian Penyakit Jantung

Jantung merupakan salah satu dari organ vital tubuh, yang memiliki peran penting, sehingga saat terdapat gangguan di dalamnya maka terjadilah penyakit jantung.

CDC mengartikan istilah penyakit jantung sebagai acuan pada beberapa jenis kondisi jantung, yaitu;

- Angina

Kondisi saat arteri koroner tersumbat sebagian, sehingga menyebabkan nyeri dada, dalam kondisi ringan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman yang mirip dengan gangguan pencernaan.

Namun dalam kasus berat akan terasa sangat menyakitkan, biasanya di area tengah dada, lalu menyebar ke lengan, leher, rahang, punggung, atau perut.

- Serangan jantung

Terjadi saat arteri tersumbat sepenuhnya, kondisi ini dapat merusak otot jantung secara permanen jika tidak segera ditangani, hingga berakibat fatal seperti kematian. Gejalanya mirip angina, namun bisa disertai juga dengan pusing, berkeringat, mual, sesak napas, rasa sakit di bagian tubuh lain (lengan, rahang, leher, punggung, perut).

- Gagal jantung

Biasanya diderita oleh penderita jantung kronis, di mana jantung terlalu lemah untuk memompa darah ke seluruh tubuh, akibatnya cairan menumpuk ke paru-paru yang menyebabkan sulit bernapas, bisa terjadi secara tiba-tiba atau perlahan.

Gejala Penyakit Jantung

Pada dasarnya gejala penyakit jantung beragam dan menunjukkan jenis dari penyakitnya, gejala yang paling umum dikenali adalah dada terasa nyeri seperti ditusuk jarum.

Bisa juga disertai dengan gejala lainnya, seperti:

- Nyeri dada atau ketidaknyamanan

Baca Juga: Kesemutan Bukan Hal Biasa, Tapi Sebuah Gejala Penyakit Serius