Find Us On Social Media :

BMKG Wanti-wanti Masyarakat yang Tinggal di 20 Daerah Ini, Bersiap Hadapi Cuaca Buruk

Cuaca buruk akan melanda beberapa daerah di Indonesia di akhir 2022. Berikut daftarnya dari BMKG.

GridHEALTH.id - Sebagaian wilayah Indonesia diprediksi sejak kemarin akan mengalami cuaca buruk hingga badai.

Terbukti, hari ini sejak tadi pagi cuaca di Jabodetebek hujan dan mendung gelap.

Malah kabarnya sejak kemarin di wilayah Banten sudah terjadi badai angin dan hujan, namun belum ada laporan resmi dari BMKG prihal kejadian tersebut.

Benar tidaknya kejadian badai angin dan hujan di wilayah Banten, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca ekstrem di pekan ini.

Bahkan, seluruh wilayah Indonesia berpotensi dilanda hujan lebat hingga sangat lebat selama periode Natal dan Tahun Baru 2023.

Baca Juga: Hanya 3 Ikan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penyintas Kolesterol Tinggi

"Potensi hujan dengan intensitas signifikan selama periode 25 Desember 2022-1 Januari 2023 perlu diwaspadai di beberapa wilayah," demikian informasi dari Twitter @infoBMKG, Selasa, 27 Desember 2022.

Penyeba Cuaca Buruk Jelang Akhir Tahun

Peningkatan curah hujan selama periode Natal dan Tahun Baru 2023 diakibatkan sejumlah dinamika atmosfer. "Adalah yang pertama, peningkatan aktivitas Monsun Asia yang memicu pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat, tengah, dan selatan," tutur Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Meningkatnya intensitas Seruakan Dingin Asia yang dapat meningkatkan kecepatan angin permukaan di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan, serta meningkatkan potensi awan hujan di sekitar Kalimantan, Sumatera, Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara.

Karena dinamika atmosfer memunculkan indikasi pembentukan pusat tekanan rendah di sekitar wilayah perairan selatan Indonesia.

Baca Juga: 6 Minuman Penambah Energi di Pagi Hari, Hindari 8 Jenis yang Bisa Menguras Energi

Kondisi tersebut berpotensi menyebabkan hujan dengan kecepatan angin permukaan, serta peningkatan tinggi gelombang di sekitarnya.