Find Us On Social Media :

BMKG; 26 Daerah di Indonesia akan Mengalami Hujan Lebat, Angin Kencang, Petir-Kilat pada Hari Ini

Peringatan BMKG cuaca ekstrim hari ini, 29 Desember 2022 di 26 daerah, termasuk di Jakarta ada angin kencang, hujan lebat, petir dan kilat.

GridHEALTH.id - Penghujung 2022 ini cuaca di Indonesia diprediksi akan mengalami cuaca ekstrim.

Cuaca ektrim yang dimaksud mulai dari hujan lebat, angin kencang, hingga kilat dan petir.

Prediksi kondisi cuaca tersebut telah disampaikan oleh BMKG.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kamis (29/12/2022), hari ini ada sejumlah wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem hujan lebat, kilat, dan angin kencang.

Walau tidak semua daeah di Indonesia akan mengalami cuaca buruk ini, tapi untuk masyarakat yang tinggal di wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan.

Baca Juga: BMKG Wanti-wanti Masyarakat yang Tinggal di 20 Daerah Ini, Bersiap Hadapi Cuaca Buruk

Menurut BMKG, dilansir dari meteo.bmkg.go.id, 26 daerah/wilayah di Indonesia akan mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan petir diprediksi pada hari ini.

Khusus untuk mereka yang tinggal di Jambi, BMKG peringatkan akan terjadi hujan yang dapat disertai angin kencang dan petir diprediksi.Menurut BMKG, potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia pada hari ini dipicu oleh kemunculan Bibit Siklon Tropis 95W di Filipina bagian selatan.Pusat Tekanan Rendah berada di Australia bagian utara.Lalu Sirkulasi Siklonik yang berada di Laut China Selatan yang menginduksi terbentuknya peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot (Low Level Jet) di Laut China Selatan.

Baca Juga: Hanya 3 Ikan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penyintas Kolesterol Tinggi

Karena kondisi tersebut, memungkinkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan dan gelombang laut tinggi di sekitar bibit siklon tropis/pusat tekanan rendah/sirkulasi siklonik tersebut.Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan.Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:* Aceh* Sumatera Utara* Sumatera Barat* Bengkulu* Sumatera Selatan* Lampung* Banten* Jawa Barat

Baca Juga: 6 Minuman Penambah Energi di Pagi Hari, Hindari 8 Jenis yang Bisa Menguras Energi

* DKI Jakarta* Jawa Tengah* Yogyakarta* Jawa Timur* Bali* Nusa Tenggara Barat* Nusa Tenggara Timur* Kalimantan Tengah* Kalimantan Utara* Kalimantan Timur* Kalimantan Selatan