Find Us On Social Media :

Susah Buang Air Besar dan Bentuk Feses Seperti Ini, Gejala Awal Kanker Usus

Susah buang air besar dan bentuk feses berbeda, bisa menjadi gejala awal kanker usus, waspadai dan kenali secara keseluruhan.

GridHEALTH.id – Mengalami masalah di saluran pencernaan, jangan diabaikan, karena ada beragam penyakit yang mengintai.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah susah buang air besar dan bentuk feses yang berbeda, bisa saja menjadi gejala awal kanker usus.

Simak gejala kanker usus lainnya agar dapat mendeteksi dini, sebelum berlanjut pada penyebaran sel kanker usus.

Susah Buang Air Besar dan Bentuk Feses Berbeda, Gejala Awal Kanker Usus

Susah buang air besar disertai dengan keluarnya bentuk feses yang berbeda memang menjadi indikasi dari gejala awal kanker usus.

Untuk diketahui, penampilan bentuk feses memang dapat menjadi indikator untuk mengenali apa yang terjadi di dalam tubuh, untuk tinja yang kecil dan keras adalah indikator konstipasi.

Baca Juga: Sama-sama Bikin Gatal, Ini Perbedaan Ketombe dan Kulit Kepala Kering

Hal tersebut bisa terjadi akibat adanya penyumbatan di area usus atau rektum, karena adanya pertumbuhan polip dengan isi sel kanker yang terus tumbuh.

Untuk gejala kanker usus, biasanya feses menjadi tipis, kecil, lembek. Sedangkan seseorang yang terkena kanker usus biasanya menjadi susah buang air besar, karena sembelit.

Sembelit didefinisikan sebagai kebiasaan buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu, meskipun tidak semua sembelit langsung merujuk pada gejala kanker usus.

Gejala Kanker Usus Lainnya

Secara spesifik, berikut ini beberapa gejala kanker usus lainnya yang perlu diperhatikan sebagai bentuk kewaspadaan, yaitu:

- Keinginan untuk terus buang air besar

Baca Juga: 4 Tips Mudah Menghilangkan Benjolan Ambeien, Rasa Sakit Reda