Find Us On Social Media :

Kenapa Covid-19 Heboh, Faktanya Malaria dan TBC Lebih Berbahaya

Faktanya Covid-19tidak lebih menakutkan dari malaria dan TBC yang justru harus kita waspadai saat ini.

GridHEALTH.id - Berdasarkan Global TB Report 2022 insiden tuberkulosis juga menjadi tertinggi, 4,8 dari 10,6 juta atau 45% dari insiden global.

Kematian tuberkulosis tertinggi 0,76 dari 1,38 juta atau 55% dari kematian global. Sedangkan cakupan pengobatan hanya 62%.

Di Indonesia belum sepenuhnya terbebas dari Malaria, dengan perkiraan 5 juta kasus dan hampir 9.000 kematian.

Hal senada diutarakan Ketua Kelompok Kerja Genetik FKKMK UGM dr Gunadi, PhD saat ditemui di kampus UGM, Sleman, dikutip dari Kumparan.com (9/01/2023). Menurutnya penyakit endemis di Indonesia cukup banyak termasuk malaria dan TBC.

Masyarakat sudah tahu ketika musim hujan, maka tampungan air harus ditutup agar tidak terjadi malaria.

Baca Juga: 5 Buah Pantangan Bagi Penderita Asam Urat Jika Tak Mau Kambuh

Sedangkan untuk Covid-19, "Dulu (COVID-19 kita) masih belajar, kita perlu mempelajari dulu ini kira-kira gejalanya seperti apa, kan seperti itu. Setelah kita tahu kan hampir sama dengan common cold virus biasa setelah vaksinasi. Cukup merutinkan vaksinasi mungkin setahun sekali, seperti vaksin yang sudah diwajibkan pemerintah begitu saja menurut saya. Saya rasa sudah saatnya tidak perlu khawatir (COVID-19)," kata Gunadi.

Covid-19 Tak Perlu Dikhawatirkan Lagi

Ahli wabah ini mengatakan negara-negara telah mampu mengatasi COVID-19 kecuali China yang kini kasusnya kembali melonjak.

Meski COVID-19 belum dinyatakan sebagai endemi, epidemiolog UGM menyebut COVID-19 tak perlu dikhawatirkan lagi.

Pencabutan PPKM oleh Presiden juga berdasarkan pertimbangan yang matang seperti data antibodi yang sudah tinggi, vaksinasi yang sudah baik, hingga positivity rate yang rendah."Kalau saya sendiri (menilai akan menjadi penyakit) endemis, paling nanti negara China itu yang akan menjadi salah satu endemis," katanya.

Malah menurut pejabat WHO, di masa depan Covid-19 bisa jadi akan menjadi penyakit endemik. 

Baca Juga: Bahan Alami Sederhana Bisa Menghilangkan Panu sampai ke Akar