Find Us On Social Media :

7 Pantangan Keras Bagi Penderita Asam Urat, Jangan Sampai Menyesal!

7 pantangan asam urat baik makanan dan minuman, salah satuny alkohol

GridHEALTH.id - Ada 7 pantangan asam urat yang sangat keras dilarang bila tak ingin rasakan akibat dan hidup lebih sehat.

Tak hanya makanan ada pula minuman di dalam daftar yang bisa menyabkan asam urat di dalam darah manusia naik drastis.

Penyakit asam urat menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat.

Peradangan tersebut diperoleh dari zat hasil metabolisme atau olahan purin dalam tubuh.

Purin memang sebenarnya sudah dihasilkan secara alami oleh tubuh dan bisa ditemukan di beberapa jenis makanan dan minuman.

Asam urat bisanya terjadi di berbagai sendi seluruh tubuh seperti jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering terjadi di ibu jari kaki.

Normalnya, kadar asam urat pada darah manusia disebutkan sejumlah 3,4 – 7,0 mg/dL pada laki laki, pada perempuan antara 2,4 – 6,0 mg/dL dan 2,0 – 5,5 mg/dL pada kelompok anak-anak.

Bila dalam keadaan normal, asam urat akan laurt dalam darah dan dikelurkan melalui urine.

Namun pada penderitanya, asam urat dapat menumpuk karena berlebihan dan menyebabkan berbagai gejala.

Seperti sulit tidur, adanya bengkak di bagian tubuh dan nyeri di berabagi persendian. Seringnya lutut dan ibu jari kaki.

Semakin banyak asupan purin, semakin banyak pula asam urat yang terbentuk dan gijal akan bekerja keras untuk mengeluarkannya melalui urine.

Baca Juga: Cari Tahu Cara Membedakan Nyeri Asam Urat dengan Rematik di Sini!