Find Us On Social Media :

Kenali 5 Ciri-ciri Kurap Akan Sembuh, Kondisi Kulit Jadi Seperti Ini

Ciri-ciri kurap akan sembuh ditandai dengan bercak kemerahan yang memudar.

GridHEALTH.id - Kulit gatal-gatal yang disebabkan oleh kurap, bisa membuat malu orang yang mengalaminya.

Belum lagi bercak-bercak kemerahan yang ditimbulkan. Besar keinginan agar penyakit kulit ini bisa segera sembuh, sehingga dapat kembali percaya diri saat beraktivitas.

Ketika kondisinya akan membaik, maka muncul beberapa ciri-ciri kurap akan sembuh yang mudah dikenali.

Kenali Kondisi Kulit Saat Kurap Akan Sembuh

Kurap alias ringworm, disebabkan oleh tiga jenis jamur yang berkembangbiak di kulit yakni Epidermophyton, Microsporum, dan juga Trichophyton.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya, bisa menggunakan obat anti jamur yang tersedia dalam bentuk krim atau salep, gel, bedak, dan ada juga yang oral.

Pengobatan berlangsung selama 2-4 minggu. Jika obat yang digunakan bekerja efektif, maka akan terlihat ciri-ciri kurap akan sembuh seperti berikut:

1. Rasa gatal berkurang

Dilansir dari laman Whatkillsit.com, tanda jika penyakit kulit ini mulai membaik adalah rasa gatal dan kemerahan yang mulai mereda.

Bercak-bercak di kulit mungkin masih akan terlihat, tapi warnanya cenderung pudar dan iritasi juga sudah mereda. Pada tahap ini, obat anti jamur masih tetap harus digunakan.

2. Kulit terkelupas

Ciri-ciri kurap akan sembuh lainnya adalah kulit yang mulai terkelupas. Jika merasa risih, bisa diredakan menggunakan lotion yang telah diresepkan oleh dokter.

Kemudian, cuci menggunakan air hangat dan keringkan menggunakan kain lembut. Selanjutnya, oleskan salep anti jamur.

3. Cairan yang keluar dari lesi

Keluarnya cairan dari lesi adalah cara alami tubuh untuk menghilangkan infeksi. Jangan sesekali menusuknya dengan harapan agar cepat kempes, karena akan menyebabkan kondisinya makin parah.

Baca Juga: Apa Penyebab Muncul Kurap di Wajah? Simak Juga Cara Mengatasinya!