Find Us On Social Media :

Kemenkes Pastikan Stok Vaksin Booster Kedua Aman, Tapi di 3 Puskesmas Ini Faktanya Kosong

Stok vaksin untuk program vaksinasi booster kedua belum merata di seluruh Indonesia.

GridHEALTH.id - Vaksinasi booster kedua yang merupakan program pemerintah dan digratiskan untuk masyarakat, sudah mulai dijalankan sejak 24 januai 2023.

Karena program pemerintah, otomatis semua vaksin yang dibutuhkan untuk vaksinasi booster kedua sudah disiapkan, dan dihitung dengan cermat oleh pmerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan.

Mengenai hal tersebut Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi memastikan, stok vaksin Covid-19 untuk booster kedua masyarakat umum aman.

“Cukup karena vaksinasi booster satu saja baru 68 juta. Jadi yang penting sekarang masyarakat harus mau untuk vaksin,” ucap Nadia saat dihubungi Beritasatu.com, Senin (23/1/2022).

Namun, fakta di lapangan berbeda.

Baca Juga: Bunda Corla Ternyata Sudah Sering Melakukan Operasi Plastik, Thailand Jadi Salah Satu Negara Tujuan untuk Mempercantik Diri

Vaksin di Kota Tangerang Kosong

Buktinya di pusat pelayanan kesehatan di Kota Tangerang belum memberikan layanan vaksinasi Covid-19 booster dosis kedua untuk masyarakat umum 18 tahun ke atas, Selasa (24/1/2023).

Menurut Kasubag Tata Usaha Puskesmas Cipondoh Melya Juliastiny, dilansir dari Kompas.com (24/1/2023), pihaknya sudah bersiap melaksanakan imbauan Kemenkes berkait pemberian vaksin booster kedua untuk masyarakat umum.

Akan tetapi, stok vaksin booster belum didistribusikan ke pihak Puskesmas Cipondoh sehingga mereka belum dapat berbuat banyak pada hari pertama pelaksanaanya.

"Untuk pelaksanaannya sendiri kami mengikuti vaksin yang ada karena kami untuk pendistribusian vaksinnya baru dilaksanakan besok pagi, kami baru ngambil ke bagian IF (Instalasi Farmasi) atau gudang farmasi, jadi tidak bisa hari ini," ujar Melya.

Tidak hanya Puskesmas Cipondoh, pelayanan vaksinasi booster dosis kedua untuk masyarakat umum juga belum dapat dilaksanakan Puskesmas Tanah Tinggi.

Baca Juga: 3 Obat Herbal yang Ampuh Redakan Nyeri Sendi, Bahannya Ada di Rumah