Find Us On Social Media :

7 Penyebab Ambeien Luar dan Cara Mengobatinya Tanpa Takut Kambuh

Penyebab ambeien luar salah satunya akibat sembelit.

GridHEALTH.id - Mengetahui jenis ambeien yang dialami akan sangat membantu keefektivitasan pengobatan yang dijalani.

Penyakit yang terjadi saat pembuluh darah di sekitar anus membesar ini, terdiri dari dua jenis yang dikategorikan berdasarkan area yang terdampak, luar dan dalam.

Kali ini, akan dibahas secara lengkap seputar ambeien luar, mulai dari penyebab hingga pengobatan yang efektif dilakukan.

Apa Penyebab Ambeien Luar?

Menurut Cleveland Clinic, ambeien luar adalah kondisi di mana terjadi pembengkakan pada pembuluh darah yang ada di bawah kulit sekitar anus.

Mengakibatkan munculnya benjolan yang terasa nyeri dan juga gatal. Bahkan terkadang, terjadi pendarahan di bagian tersebut.

Dilansir dari Healthline, penyebab utama dari masalah kesehatan ini sebenarnya sama dengan yang terjadi pada pengidap ambeien dalam, di antaranya:

1. Mengejan saat buang air besar

Ini merupakan penyebab paling umum terjadinya wasir di bagian luar. Biasanya dipicu oleh sembelit atau diare yang cukup parah.

2. Duduk terlalu lama di toilet

Setelah buang air besar, sebaiknya segera keluar dari toilet dan terlalu lama berdiam diri.

Berlama-lama duduk di atas kloset akan memberikan tekanan pada jaringan yang ada di sekitar rektum dan anus.

3. Jaringan pendukung melemah

Seiring bertambahnya usia, jaringan yang ada di sekitar anus dan rektum cenderung melemah dibandingkan dengan sebelumnya.

4. Kehamilan

Wanita yang hamil, risiko untuk mengalami ambeien jauh lebih besar. Ini karena saat mengandung, perkembangan janin di rahim akan memberikan tekanan yang berlebih di pembuluh darah.

Baca Juga: Hindari 4 Makanan Pantangan Ambeien Berikut Bila Ingin Cepat Sembuh