Find Us On Social Media :

Jalani Operasi Pengangkatan Rahim karena Adenomiosis, Melaney Ricardo Tidak Dianjurkan Berhubungan Intim Selama 6 Minggu, Inilah Alasannya

Melaney Ricardo dan sosok suaminya, Tyson Linch.

GridHEALTH.id - Belum diperbolehkan untuk melakukan hubungan badan pasca Melaney Ricardo operasi pengangkatan rahim, inilah yang jadi alasannya.

Baru-baru ini, kabar kurang sedap datang dari kesehatan seorang presenter ternama.

Melaney Ricardo baru bagikan pengalamannya dalam memilih jalan operasi pengangkatan rahim.

Bukan tanpa alasan, hal itu lantaran dirinya mengidap adenomiosis.

Tepat satu pekan menjalani operasi pengangkatan rahim, Melaney Ricardo merasa dirinya sudah lebih baik dari sebelumnya dan bakal segera pulih jika menaati semua anjuran dokter.

Baca Juga: Sejak Gadis Punya Masalah Jelang Menstruasi, Melaney Ricardo Putuskan Angkat Rahim, Sudah Dilakukan

Namun, ia mengatakan ada beberapa pantangan yang disebutkan dokter untuk Melaney Ricardo.

Salah satunya soal hubungan badan dengan suaminya, Tyson Lynch hingga enam minggu pasca operasi.

“Berhubungan sudah pasti, sampai enam minggu,” kata Melaney Ricardo di Pondok Indah, Jakarta Selatan, seperti dikutip dari Grid.id, Sabtu (4/2/2023).
 
Melaney juga belum dianjurkan melakukan kegiatan berat usai operasi, seperti mengangkat benda yang berat atau berolahraga.“(Dilarang) Olahraga, bergerak yang mendadak,” kata dia lagi.Melaney pun mengaku masih merasa nyeri jika dia melakukan pergerakan mendadak, misalnya bangun tidur.
 
 
Dari posisi berbaring kemudian bangun, Melaney Ricardo masih merasakan nyeri di perut bagian tengah.
 
Kendati demikian, rasa sakit tersebut masih bisa ditoleransi, sehingga dokter tidak lagi memberikan resep obat penghilang rasa sakit.
 
Pengangkatan rahim yang dilakukan oleh Melaney Ricardo ini memang akan muncul kekhawatiran soal hubungan intim suami istri.
 
American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan, seorang wanita yang telah menjalani operasi pengangkatan rahim atau histerektomi untuk tidak memasukkan apa pun ke dalam vagina selama sekitar 6 minggu.
 
Rekomendasi ini didasarkan pada waktu rata-rata yang diperlukan untuk sembuh setelah histerektomi, yaitu sekitar 6 hingga 8 minggu.
 
Namun, perlu diingat bahwa kondisi tubuh setiap orang berbeda dan setiap wanita mungkin akan memerlukan waktu dan memperlihatkan tingkat kesembuhan yang berbeda juga.Untuk menghindari terjadi hal negatif sebagai pengaruh rahim diangkat, sebaiknya hentikan aktivitas seksual apapun sampai semua benar-benar sembuh.
 
Bukan ranpa alasan, hal itu lantaran dapat menyebabkan infeksi.
 
Pasalnya, bagian intim wanita ini akan jadi lebih kering dari sebelumnya dan bisa membuat istri merasa kesakitan.
 
Setelah operasi tersebut, terdapat efek samping yang dapat muncul yaitu mengalami infertilitas serta menopause lebih awal.
 
Kendati demikian, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan.(*)