Find Us On Social Media :

Bikin Melaney Ricardo Harus Jalani Operasi Pengangkatan Rahim, Begini Gejala Adenomiosis

Melaney Ricardo

GridHealth.id – Presenter Melaney Ricardo mengabarkan bahwa dirinya menjalani operasi pengangkatan rahim usai didiagnosis menderita adenomiosis. Pengalaman pahit tersebut diceritakan sendiri oleh Melaney lewat kanal YouTube miliknya, Senin (30/1/2023).

Ia menjelaskan bahwa ia memutuskan untuk menjalani operasi pengangkatan rahim lantaran pengobatan yang dijalaninya tak membuahkan hasil. 

"Jadi operasi yang aku lakukan kemarin itu, akhirnya after long journey, up and down, maju mundur, mengumpulkan keberanian, itu adalah operasi pengangkatan rahim," jelas Melaney dilansir dari TribunSeleb, Selasa (31/1/2023).

Sebelumnya, Melaney menceritakan bahwa ia sudah lama mengalami sakit yang hebat setiap kali menstruasi. Namun beberapa bulan belakangan, gejala yang dirasakannya semakin parah. Tak hanya itu, menstruasi juga diperparah dengan perdarahan yang cukup hebat. Darah menstruasi mengalir layaknya buang air kecil.

Baca Juga: Sempat Dialami Indra Bekti Setelah Operasi, Ternyata Beberapa Hal ini Bisa Jadi Penyebab Seseorang Hilang Ingatan

“Menstruasi aku itu sakitnya bener-bener yang sakit. Jadi pada saat dulu aku belum melahirkan, ibaratnya masih gadis itu memang aku setiap menstruasi itu selalu sakit. Tapi akhir-akhir ini aku ngerasa sakitnya tuh benar-benar ekstra," sambungnya.

Akibat rasa sakit yang dirasakannya, Melaney mengaku sempat kesulitan beraktivitas.

"Kalau enggak dikasih painkiller, hari pertama kedua, ketiga, enggak bisa beraktivitas. Setelah dikasih painkiller, itu pun masih ada period cramp-nya," bebernya.

Setelah memeriksakan diri ke dokter, Melaney akhirnya mengetahui bahwa dirinya menderita adenomiosis.

"Jadi yang aku alami beberapa bulan ke belakang ini adalah symptoms (gejala) kalau aku itu mengidap adenomiosis, jadi (gejalanya) agak mirip dengan endometriosis," kata Melaney.

Baca Juga: Penyebab Perut Kembung dan Begah Saat Hamil, Jalani Pola Hidup Ini untuk Mengatasinya Tanpa Obat

Mengenal adenomiosis