Find Us On Social Media :

Kenapa Menstruasi Saya Lama, Kenapa Siklusnya Pendek? Ini Solusinya

Jawaban menstruasi lama dan siklus menstruasi pendek.

GridHEALTH.idHaid atau yang dikenal dengan istilah menstruasi merupakan kejadian peluruhan dinding Rahim yang terdiri dari darah dan jaringan tubuh.

Kejadian tersebut berlangsung setiap bulan dan merupakan proses normal bagi perempuan.

Bahasa lainnya yang lebih singkat, menstruasi adalah perdarahan periodic pada uterus yang dimulai sekitar 14 hari setelah ovulasi.

Dari paparan di atas, bisa dijelaskan bahwa menstruasi adalah perdarahan periodik pada uterus yang disertai dengan perlepasan (dekuamasi) endometrium.

Untuk diketahui, pada dasarnya menstruasi merupakan proses katabolisme dan terjadi dibawah pengaruh hormon hipofisis dan ovarium.

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Kurap di Selangkangan yang Bikin Tak Nyaman

Penting juga diketahui, menstruasi bisa terjadi lama pada sebagian wanita. Sayangnya, beberapa wanita cenderung membiarkan kondisi tersebut dan tak mencari pertolongan dokter karena berbagai alasan.

Menurut pakar kesehatan wanita dari National Health Service (NHS) di Inggris, dr Susanna Unsworth, seharusnya wanita mencari pertolongan dokter bila merasa ada yang tak normal pada siklus menstruasi mereka.

Apa saja yang dimaksud siklus menstruasi tidak normal?

1. Menstruasi lama

Menurut dr Unsworth, durasi maksimal dari terjadinya menstruasi adalah sekitar tujuh hingga 10 hari. Menstruasi yang terjadi lebih dari 10 hari perlu dikonsultasikan dengan dokter."Karena (10 hari) adalah batas maksimal dari berlangsungnya menstruasi," jelas dr Unsworth, seperti dilansir Mirror, Rabu (8/2/2023).

Baca Juga: Operasi Anti Aging Titik DJ 1 Miliar, Bedanya dengan Operasi Plastik?

Jika mengalami menstruasi lama, sebaiknya diperiksa dokter untuk mengetahui apa penyebab sebenarnya dari masalah tersebut. Jika masalahnya sudah diketahui maka dokter bisa memberikan penanganan yang sesuai.Langkah yang dimaksud bisa pemberian obat-obatan. Obat untuk menghentikan haid berkepanjangan seperti obat antiinflamasi nonsteroid, seperti paracetamol untuk meredakan nyeri serta keluhan lain yang muncul.