Find Us On Social Media :

Tak Perlu Pakai Obat, Coba Teknik Titik Pijat Perut Kembung di Bagian Ini

Perut kembung segera redakan dengan titik pijat perut kembung berikut ini.

GridHEALTH.id - Beberapa orang tidak jarang mengeluhkan rasa ketidaknyamanan di perut yang berkaitan dengan perut kembung.

Lalu, bagaimana sebenarnya medis melihat perut kembung ini? Simak ulasan berikut ini mengenai penyebab perut kembung dan lainnya.

Termasuk cara meredakan perut kembung dengan titik pijat perut kembung berikut ini. Ketahui juga kapan harus ke dokter, semua terangkum dalam ulasan di bawah ini.

Gejala Perut Kembung

Perut kembung merujuk pada penumpukan gas dalam sistem pencernaan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan di perut. Gejala yang paling umum adalah adanya rasa tidak nyaman, sesak, dan perut terasa penuh.

Gejala lain yang bisa dialami saat perut kembung adalah perut terlihat membesar dan terasa penuh, muncul bunyi seperti gemuruh di perut, sering sendawa, perut terasa nyeri atau terasa tidak nyaman, frekuensi buang gas meningkat.

Penyebab Perut Kembung

Melansir dari Medical News Today disebutkan ada dua penyebab penumpukan gas dalam sistem pencernaan yang menyebabkan seseorang mengalami perut kembung. Pertama, saat makan, minum, atau menelan ludah, udara yang tertelan menumpuk di usus.

Kedua, bisa jadi disebabkan dari adanya bakteri yang menghasilkan gas (hidrogen, metana, dan karbon dioksida) saat mencerna makanan.

Saat gas menumpuk, tubuh mungkin perlu mengeluarkannya melalui mulut, dengan bersendawa, atau membuang angin melalui saluran anus.

Selanjutnya, bisa jadi penyebabnya di dalam usus, gas dapat timbul sebagai produk sampingan dari pencernaan sebagian makanan tertentu.

Penyebab perut kembung lainnya termasuk kehamilan, hernia , pankreatitis , penyakit Hirschsprung, sindrom pramenstruasi, endometriosis , dan lain-lain.

Titik Pijat Perut Kembung

Untuk meredakan jumlah gas dalam perut yang menyebabkan perut kembung, maka cobalah pijat titik pijat perut kembung berikut ini:

Baca Juga: Perut Bayi Sering Kembung Setelah Minum Susu? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

1. Titik Neiguan

Lokasi: Titik pijat perut kembung ini berada di bagian dalam tangan, tepatnya memiliki jarak tiga jari yang diletakkan dari pergelangan tangan ke bawah.

Manfaat: Dengan memijat titik pijat ini akan membantu membuka Qi bagian perut, sehingga perut kembung yang disertai dengan rasa adanya makanan tersangkut di dada dan tidak bisa masuk ke perut akan bisa dikurangi.

2. Titik Zhongwan

Lokasi: Titik pijat perut kembung selanjutnya adalah titik zhongwan yang berjarak lima jari (4 cun) di atas umbilikus, atau di tengah antara umbilikus dan simfisis xiphisternal.

Manfaat: Bukan hanya meredakan perut kembung, memijat titik pijat ini disebut juga baik untuk semua jenis sakit perut, refluks esofagus, cegukan, sakit perut akibat penggunaan celana yang terlalu ketat, dan sesak dada akibat Qi perut.

3. Titik Zusanli

Lokasi: Titik pijat ini berada empat jari atau 3 cun di bawah Dubi, selebar satu jari di samping puncak anterior tibia.

Manfaat: Dengan titik pijat ini, disebutkan dapat menyembuhkan semua penyakit saluran cerna, termasuk gangguan pencernaan, kembung, dan sakit perut.

4. Titik Taibai

Lokasi: Titik pijat perut kembung selanjutnya berada di batas posterior kepala kecil tulang metatarsal ke-1, di persimpangan kulit merah kaki dan putih dekat telapak kaki.

Manfaat: Saat memijat titik ini maka dapat memperkuat fungsi pencernaan, mengatasi beragam penyakit perut seperti sakit perut, perut kembung, diare, disentri, anoreksia, hingga meredakan nyeri persendian.

Kapan Harus ke Dokter?

Temui dokter jika perut kembung sangat mengganggu, seperti mengeluarkan gas yang berbau.

Terlebih jika perut kembung disertai dengan nyeri perut dan kembung yang terus menerus, diare atau konstipasi terus berulang, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, inkontinensia usus, ada darah di feses.

Jika ada tanda-tanda infeksi seperti suhu tinggi, muntah, menggigil, nyeri sendi, dan nyeri otot, segera periksakan. Kondisi-kondisi tersebut dapat menjadi indikator adanya masalah kesehatan yang lebih serius. (*)

Baca Juga: Ini 7 Titik Pijat Atasi Kesehatan Ginjal, Ini Penjelasannya!