Find Us On Social Media :

7 Kandungan Gizi dan Manfaat Biji Pepaya untuk Manusia, juga Efek Sampingnya

Inilah kandungan biji pepaya untuk kesehatan yang perlu diketahui, jangan langsung dibuang.

GridHEALTH.id – Pepaya menjadi salah satu buah yang mudah ditemukan di Indonesia dan terjangkau, yang memiliki segudang manfaat baik untuk tubuh dan kesehatan keseluruhan.

Mereka yang suka makan pepaya, apakah sudah mencoba mengonsusmi biji pepaya?

Banyak yang meyakini ada banyak manfaat dari kandungan biji pepaya, apa saja? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Bisakah Biji Pepaya Dimakan?

Banyak orang tidak menyadari jika biji pepaya juga bisa dikonsumsi, bukan hanya bagian daging buahnya saja.

Selain dapat dimakan, biji pepaya juga memiliki kandungan nutrisi yang baik, namun sebelum mengonsumsinya tetap perlu mengetahui efek samping dari biji pepaya.

Baca Juga: Sering Dikira Sama, Ketahui Perbedaan Pusing dan Sakit Kepala

Kandungan Biji Pepaya

Biji pepaya sangat bergizi, terbukti mengandung berbagai mikronutrien esensial dan sangat tinggi polifenol dan flavonoid.

Dua senyawa ini menjadi sumber antioksidan yang baik untuk meningkatkan kesehatan, karena membantu melawan radikal bebas penyebab penyakit untuk mencegah stres oksidatif dan menangkal penyakit kronis.

Selain senyawa ini, biji pepaya juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat, termasuk asam oleat.

Asam lemak tak jenuh tunggal ini dapat menurunkan trigliserida dan kadar kolesterol lipoprotein densitas sangat rendah (VLDL) masing-masing sebesar 19% dan 22%, menurut penelitian pada orang dengan diabetes tipe 2.

Kandungan biji pepaya lainnya adalah kaya akan serat, dengan demikian dapat membantu mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol.

Baca Juga: Sabun Organik Natural Ciptakan Kesehatan Holistik Bagi Manusia dan Lingkungan

Dalam 100 gram biji pepaya kering menyediakan sekitar 558 kalori energi, di dalamnya juga kaya akan protein, lemak, serat, hingga vitamin dan mineral, seperti zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, seng, dan lainnya.

Manfaat Kandungan Biji Pepaya

Ekstrak biji pepaya dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk pencegahan kanker dan perlindungan ginjal.

Secara spesifik, berikut ini 7 manfaat kandungan biji pepaya:

1. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan biji pepaya yang kaya akan serat, membuatnya membantu menjaga pencernaan tetap berfungsi baik, sehingga dapat bantu menghilangkan racun dari tubuh. Selain itu membantu mengatur metabolisme dan mencegah tubuh menyerap lemak, sehingga dapat mencegah obesitas.

Baca Juga: 5 Manfaat Rutin Konsumsi Biji Pepaya, Seperti yang Dilakukan Dahlan Iskan

2. Menurunkan tingkat kolesterol

Biji pepaya juga kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, yang berfungsi untuk mengatur kadar kolesterol dengan mengurangi kolesterol jahat (kolesterol LDL). Serat dalam biji pepaya juga bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Mengurangi peradangan

Manfaat lainnya dari kandungan biji pepaya adalah mengurangi peradangan, dengan adanya vitamin C dan senyawa seperti alkaloid, flavonoid, dan polifenol yang bersifat antiinflamasi. Sehingga baik untuk jenis penyakit seperti asam urat, radang sendi, dan penyakit radang lainnya.

4. Bersifat anti-kanker

Kandungan biji pepaya yang kuat adalah polifenol, yang merupakan jenis antioksidan kuat, mencegah tubuh kita dari berbagai jenis kanker. Ada juga kandungan isothiocyanate yang menghambat pembentukan dan perkembangan sel kanker.

5. Menjaga kesehatan kardiovaskular

Biji pepaya juga dapat melindungi jantung, karena selain memiliki senyawa bersifat antioksidan, biji pepaya ini bisa menjadi penurun kolesterol yang baik, sebagai salah satu pemicu penyakit jantung.

6. Meredakan nyeri haid

Pepaya mengandung karoten yang dapat bantu tubuh mengatur produksi hormon (estrogen), sementara biji pepaya dapat membantu menginduksi menstruasi dan juga meningkatkan frekuensinya, sehingga dapat membantu mengatasi kram menstruasi.

7. Dapat membantu mengontrol ketombe

Ketombe umumnya disebabkan oleh jamur, khususnya jenis Malassezia dan buah serta biji pepaya terbukti memiliki sifat antijamur yang kuat, sehingga ketika diterapkan pada rambut dan kulit kepala bisa mengurangi atau mencegah perkembangan ketombe. Caranya bisa mencari perawatan rambut yang mengandung biji pepaya.

Baca Juga: Gegara Derita Maag Akut Pingsan Saat Manggung di Medan, Ardhito Pramono Ungkap Kondisi Kesehatannya, Komplikasi Ini Bisa Terjadi Jika Tak Segera Diatasi

Efek Samping Biji Pepaya

Di sisi lain, meskipun pepaya memiliki manfaat dan kegunaan yang begitu besar, seseorang yang konsumsi pepaya juga perlu memerhatikan efek sampingnya, seperti:

- Berpotensi berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil

- Dapat memengaruhi kesuburan pada pria

- Dapat memengaruhi bayi yang sedang menyusui

- Dapat menyebabkan reaksi alergi, meskipun jarang terjadi. (*)

Baca Juga: Minuman Sehat Bagi Penderita Asam Urat, Coba Buat 3 Jenis Jus Buah Ini di Rumah ya!