Find Us On Social Media :

Apakah Autisme Penyakit? Seperti Banyak Diberitakan, Berikut Penjelasan Ahli

Apakah autisme sebuah penyakit? Inilah pendapat pakar.

GridHEALTH.id - Mengenai autisme tentu kita semua tahu atau paling tidak seirng mendengarnya. Tapi kita seringkali bingung, autisme ini penyakit atau gangguan perkembangan.

Sebab saat kita browsing di dunia maya alias googling, ada yang menyebutkan autisme penyakit, ada juga yang tidak.

Supaya tidak bingung, simak ulasan berikut ini.

Ketahulah, pada tahun 1943 seorang psikiater anak (Leo Kanner) menjabarkan dengan sangat rinci gejala-gejala ‘aneh’ yang ditemukan pada 11 pasien kecilnya, maksudnya anak-anak.

Leo Kanner melihat banyak sekali persamaan gejala pada anak-anak ini, tetapi yang sangat menonjol adalah mereka sangat asyik dengan dirinya sendiri seolah-olah mereka hanya hidup dalam dunianya sendiri.

Baca Juga: 3 Kali Terinfeksi Demam Berdarah, Armand Maulana Ungkap Kondisi Kesehatannya, Ternyata Inilah Bahayanya Jika Tak Segera Ditangani

Dengan alasan itu, dirinya memakai istilah ‘autis-me’ yang artinya hidup dalam dunianya sendiri untuk para pasiennya tersebut.

Prihal autisme, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merumuskan suatu kriteria yang harus dipenuhi untuk dapat menegakkan diagnosis autisme.

Rumusan ini dipakai di seluruh dunia dan dikenal dengan sebutan ICD-10 (International Clasification of Diseases) 1993.

Austisme Apakah Penyakit?

Para pakar sepakat jika autisme itu adalah gangguan perkembangan yang terjadi saat masa perkembangan awal anak.

Gangguan ini dapat diidentifikasi dengan adanya kesulitan kominukasi, interaksi social, perilaku dan aktivitas yang kaku.

Baca Juga: Berapa Lama Sesak Napas Terjadi karena Asam Lambung Naik? Ternyata Ini Kondisinya