Find Us On Social Media :

Pria Berisiko Tinggi Kurap di Selangkangan, Berikut Cara Menghilangkannya dengan Bahan Tradisional

Kurap di selangkangan banyak ditemui pada pria, berikut ini 8 bahan tradisional untuk mengatasinya.

GridHEALTH.id – Merasakan gatal di area selangkangan hingga muncul sensasi terbakar, bisa mengindikasikan ada kurap di selangkangan.

Kenali bentuknya lebih spesifik sebagai bentuk kewaspadaan, jika sudah terjadi, simak ulasan berikut ini mengenai cara menghilangkannya dengan bahan tradisional.

Seperti Apa Kurap di Selangkangan?

Kurap menjadi penyakit kulit yang bisa terjadi di berbagai bagian tubuh, termasuk daerah selangkangan. Kondisi ini dikenal dalam medis sebagai jock itch atau tinea cruris.

Kurap di selangkangan dapat dikenali dengan ciri seperti terbakar dan gatal, serta menular. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, namun disebutkan oleh Cleveland Clinic bahwa penyakit ini jarang dialami oleh anak dan wanita. Sebaliknya, risiko lebih besar ada pada pria.

Meskipun berada di selangkangan, namun jarang sekali terjadi kurap memiliki dampak pada area genital (alat kelamin) seseorang, seperti pada penis, vulva, atau skrotum.

Baca Juga: Ciri-ciri Awal Munculnya Kurap, Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Lebih umumnya menyerang kulit di sekitar selangkangan, paha bagian dalam, dan belahan pantat, dengan kulit mengalami ruam gatal seperti cincin, bisa disertai perubahan warna, retak, mengelupas atau muncul serpihan. Terkadang, muncul benjolan kecil atau lepuh di sepanjang tepi ruam.

Penyebaran kurap di selangkangan biasanya melalui sentuhan kulit dengan kulit atau kontak dengan permukaan yang telah terinfeksi. Selain itu, bisa juga melalui kontak seksual dengan orang yang memiliki kurap di selangkangan.

Kurap di selangkangan juga bisa terjadi setelah adanya tinea pedis atau kutu air, lalu digaruk atau menyentuh area selangkangan dengan kondisi tangan yang terpapar jamur.

Selain tangan, penyebaran juga bisa terjadi melalui kuku dan kaki.

Penyebab Kurap di Selangkangan

Kurap di selangkangan sama seperti yang lainnya, merupakan kondisi yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Baca Juga: Belum Juga Sembuh, Venna Sampai Harus 5 Kali Terapi dalam Sebulan Ini Akibat Jadi Korban KDRT, Inilah yang Justru Harus Dilakukan

Seseorang lebih berisiko tinggi terkena kurap di selangkangan jika memiliki diabetes, sistem imun yang lemah, atau pun obesitas.

Penggunaan celana dalam dan pakaian ketat bisa menjadi pemicu munculnya kurap di selangkangan, terlebih saat banyak berkeringat.

Cara Menghilangkan Kurap di Selangkangan dengan Bahan Tradisional

Kurap di selangkangan yang menular ini perlu dilakukan perawatan segera, bisa dimulai dengan menggunakan bahan tradisional.

Berikut ini cara menghilangkan kurap di selangkangan dengan bahan tradisional:

1. Cuka sari apel

Kandungan cuka sari apel menjadi bahan tradisional untuk mengatasi kurap di selangkangan karena bersifat sebagai antifungal dan antimikroba, dengan demikian dapat mencegah terjadinya penyebaran kurap.

Baca Juga: Kurap di Selangkangan Bikin Gatal, 6 Gaya Hidup Ini Jadi Penyebabnya

Cara penggunaannya, campurkan dengan air, lalu masukkan kapas dan tekan-tekan area yang terinfeksi dengan kapas, biarkan selama beberapa jam kapas tersebut. Bisa digunakan dua hingga tiga kali sehari.

2. Madu

Mengatasi kurap di selangkangan dengan bahan tradisional lainnya bisa dengan madu, karena bisa menjadi bahan antijamur yang melawan infeksi penyebab kurap.

Cara penggunaannya, cukup rendam kapas ke dalam satu sendok madu kemudian ditempelkan ke area yang terinfeksi. Cara ini bisa diulang selama beberapa kali dalam sehari, namun pastikan tetap gunakan kapas baru setiap akan menggunakannya.

3. Tepung jagung

Tepung jagung juga bisa menjadi bahan tradisional untuk kurap di selangkangan, karena bahan ini membantu mengeringkan area yang terinfeksi, membuat kulit kembali segar, dan mencegah efek samping dari menggaruk area itu. Biasanya digunakan setelah melakukan beberapa perawatan rumah lainnya, juga baik untuk pencegahan.

4. Bawang putih

Bawang putih adalah bahan tradisional yang sangat populer dengn kandungan bioaktif di dalamnya, seperti allicin dan ajoene, senyawa inilah yang menjadi bahan antifungal untuk melawan infeksi jamur.

Baca Juga: Cara Mengobati Penyakit Ginjal Stadium Awal yang Aman dan Benar

Cara penggunaannya, kupas 4-5 siung bawang putih dan hancurkan, kemudian tambahkan ke panci panas dengan 100 mL minyak zaitun, panaskan selama sekitar 3-5 menit. Saring minyak setelah dingin, oleskan ke ruam dan tutupi area tersebut dengan kain kasa. Biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas secara menyeluruh dengan air. Bisa dilakukan 2-3 kali sehari sampai ruam sembuh.

5. Tea tree oil

Bahan tradisional lainnya adalah tea tree oil yang mengandung antimikroba dan antiinflamasi. Sehingga disebut dapat meredakan infeksi penyebab kurap di selangkangan dan mempercepat penyembuhan ruam.

Cara penggunaannya gunakan air hangat ditambahkan beberapa tetes tea tree oil. Kemudian kenakan di area ruam dan diamkan selama 20 menit. Bilas sampai bersih dengan air hangat dan keringkan.

6. Minyak kelapa

Kandungan utama dari minyak kelapa adalah asam laurat yang menunjukkan sifat antijamur. Bahan tradisional ini dapat membantu dalam mengelola dan mencegah infeksi lebih lanjut terkait dengan kurap di selangkangan.

Cara penggunaannya, oleskan satu sendok teh minyak kelapa murni ke daerah yang terkena, biarkan di ruam selama beberapa jam. Bisa coba diulangi 2 kali sehari untuk hasil terbaik.

Baca Juga: Tips Merawat Rambut yang Berhijab Agar Tidak Rontok dan Berketombe

7. Lidah buaya

Bahan tradisional ini sudah terkenal memiliki kandungan antijamur dan sebagai bahan antiseptik, kondisi ini dapat membantu menghambat infeksi jamur yang menyebabkan kurap dan juga mencegah infeksi lebih lanjut.

Cara penggunaannya, cukup aplikasikan gel lidah buaya pada area ruam dan diamkan beberapa saat sebelum dibasuh dengan air. Bisa digunakan dua kali sehari.

8. Bawang bombay

Kandungan bawang bombay mengandung allicin, yang bersifat antijamur. Senyawa bioaktif ini menunjukkan aktivitas penghambatan yang kuat pada beberapa infeksi jamur. Oleh karena itu, bahan tradisional ini dapat membantu meringankan gejala yang terkait dengan jock itch. Pastikan tidak alergi sebelum memakainya.

Cara penggunaannya, parut halus setengah bawang bombay dan peras. Rendam kapas dan letakkan di atas ruam, biarkan selama 20 menit sebelum dicuci dengan air.

Meski bukan menjadi penyakit kulit yang serius, tetapi jika kurap di selangkangan tetap ada saat sudah diatasi dengan perawatan rumah, wajib periksakan ke dokter. (*)

Baca Juga: Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Kurap di Kulit, Bisa dengan Pepaya atau Bahan Alami Lainnya Berikut Ini