Find Us On Social Media :

Telapak Tangan Sering Keringet Basah, Apakah Tanda Jantung Lemah?

Telapak tangan keringetan tanda penyakit jantung atau tidak, simak penjelasannya berikut ini.

GridHEALTH.id – Mengenali telapak tangan keringetan tanda penyakit jantung atau bukan, bisa dilihat dari tanda-tanda penyakit jantung berikut ini.

Simak ulasan lebih lanjutnya berikut ini, sekaligus cara mencegah penyakit jantung agar tidak fatal.

Telapak Tangan Keringetan Tanda Penyakit Jantung?

Keringat yang berlebih sendiri bisa menjadi tanda dari suatu kondisi medis yang mendasarinya atau pun tidak disebabkan oleh kondisi medis tertentu.

Dalam bahasa medis, keringat berlebih dikenal juga dengan hiperhidrosis, untuk keringat berlebih bukan karena penyakit, disebut hiperhidrosis fokal primer. Sedangkan untuk kasus yang karena adanya penyakit, maka dikenal dengan sebutan hiperhidrosis sekunder.

Keringat berlebih adalah gejala yang sering dikeluhkan oleh pasien penyakit jantung, namun seringkali diabaikan dan tidak dicari tahu lebih lanjut.

Ada beberapa kondisi telapak tangan keringetan tanda penyakit jantung, seperti:

- Aterosklerosis

Berkeringat juga dikaitkan dengan aterosklerosis. Kondisi saat arteri menyempit akibat penumpukan timbunan lemak yang disebut plak, jika dibiarkan bisa berkembang menyebabkan serangan jantung dan gagal jantung karena tubuh bekerja lebih keras mengalirkan darah yang kaya oksigen ke jantung dan organ vital lainnya.

- Angina

Bentuk dari nyeri dada yang terjadi ketika darah yang kaya oksigen tidak cukup mencapai jantung, sehingga orang dengan angina sering keluar keringat dingin.

- Endokarditis subakut

Kondisi saat seseorang berkeringat terutama di malam hari, terjadi akibat infeksi pada membrane yang melapisi ruang jantung dan katup jantung. Penyakit jantung ini cenderung berkembang lebih lambat daripada bentuk penyakit akut.

Tanda Penyakit Jantung Lainnya

Selain telapak tangan keringetan tanda penyakit jantung, di bawah ini adalah tanda penyakit jantung lainnya yang biasanya ikut menyertai, yaitu:

- Nyeri atau tekanan di dada atau lengan yang menjalar ke leher, rahang, atau punggung

Baca Juga: Serangan Jantung Mendadak Cirinya Seperti Ini, Penyebab Sering Disepelekan

- Sesak napas

- Pusing

- Mual atau gangguan pencernaan

- Kelelahan

Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, jika merasa ada tanda penyakit jantung yang dialami.

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Sebelum terlambat, sebaiknya mencegah penyakit jantung sejak dini, sehingga bisa lebih efektif dan murah. Cara mencegah penyakit jantung bisa dimulai dengan cara berikut ini sesuai anjuran CDC:

1. Mengonsumsi makanan sehat

Dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, maka dapat membuat seseorang terhindar dari risiko jantung dan komplikasinya. Mulai batasi konsumsi gula, lemak jahat, dan garam sehingga tidak memicu timbulnya penyakit kronis seperti diabetes, kolesterol, dan hipertensi.

2. Menjaga berat badan tetap ideal

Berat badan berlebih atau bahkan obesitas akan membuat tubuh bekerja lebih berat, khususnya pada jantung dan pembuluh darah, sehingga lebih berisiko tinggi terkena penyakit jantung.

3. Melakukan aktivitas fisik setiap hari

Aktivitas fisik setiap hari seperti berolahraga sangat dianjurkan, bukan hanya mencegah penyakit jantung, tetapi penyakit lainnya. Direkomendasikan untuk olahraga secara teratur selama 150 menit per minggu.

4. Berhenti merokok atau tidak merokok

Merokok dapat meningkatkan penyakit jantung, karena merusak pembuluh darah maka jika tidak merokok, janganlah mencobanya.

5. Lakukan skrining

Jika seseorang memiliki riwayat penyakit kronis seperti diabetes, kolesterol, hipertensi, maka rajinlah untuk melakukan skrining rutin. Dengan demikian risiko terkena penyakit jantung pun dapat terdeteksi sejak dini. (*)

Baca Juga: Kenali Gejala Sebelum Serangan Jantung dan Cara Penanganan yang Tepat