Find Us On Social Media :

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Cukup Dengan Pijatan di Titik Ini

Cobalah redakan hidung tersumbat dengan memijat beberapa titik pijat hidung tersumbat berikut ini.

GridHEALTH.id – Hidung tersumbat sering membuat seseorang sulit untuk bernapas akibat adanya jaringan di sekitar serta pembuluh air yang membengkak.

Saat mengalaminya, cobalah bantu redakan agar jadi plong dengan titik pijat hidung tersumbat berikut ini. Ketahui kapan harus ke dokter!

Gejala Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat dapat dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak, namun bisa menjadi berbahaya saat mengganggu tidur, khususnya untuk bayi dan anak-anak.

Selain membuat sulit untuk bernapas, hidung tersumbat juga biasanya dapat menyebabkan keluarnya cairan dari hidung, yang disebut dengan hidung meler.

Penyebab Hidung Tersumbat

Jaringan di sekitar hidung dan pembuluh air membengkak akibat kelebihan cairan, kondisi inilah yang menyebabkan hidung tersumbat. Namun ini menjadi gejala yang mendasari dari adanya penyakit tertentu.

Baca Juga: Tidak Perlu Terlalu Panik, Virus Marburg Tidak Ada di Indonesia, Ini Faktanya!

Hidung dapat tersumbat akibat penyakit-penyakit yang umum, seperti pilek, flu, dan infeksi sinus. Kondisi yang seperti ini dapat membaik dalam waktu sekitar satu minggu.

Hidung tersumbat pun menjadi gejala dari penyakit lainnya yang lebih serius, dapat berupa:

- Alergi

- Pertumbuhan non-kanker, seperti polip atau tumor jinak di saluran hidung

- Paparan bahan kimia

Baca Juga: Ternyata Mengatasi Flu dan Hidung Tersumbat Bisa Dengan Titik Pijatan di Tangan, Begini Caranya!

- Iritasi lingkungan

- Infeksi sinus jangka panjang (sinusitis kronis)

- Septum yang menyimpang.

Fluktuasi hormonal dan peningkatan suplai darah yang terjadi selama kehamilan juga bisa menjadi penyebab hidung tersumbat, biasanya dialami selama akhir trimester pertama.

Perubahan hormonal juga memengaruhi selaput hidung, menyebabkan adanya peradangan, kering, atau berdarah.

Baca Juga: Cara Mengatasi Darah Rendah yang Baik dan Benar dengan Perubahan Gaya Hidup

Titik Pijat Hidung Tersumbat

Berikut ini beberapa titik pijat hidung tersumbat yang bisa dicoba saat pernapasan terganggu di hidung:

1. Titik Yingxiang

Letak dari titik ini berada di sebelah kiri dan kanan sisi hidung dan lipatan nasolabiala, cobalah menekannya selama 1-2 detik dan lepaskan. Titik pijat ini menjadi titik pijat hidung tersumbat yang utama.

2. Titik Zusanli

Titik pijat ini berada di bagian luar kaki, tepatnya sekitar empat jari dari tempurung lutut ke bawah. Titik pijat hidung tersumbat ini disebut sebagai titik pijat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat memijat titik ini lainnya adalah mencegah kekambuhan hidung tersumbat dalam waktu yang lama. Juga cocok untuk menjaga kesehatan tubuh bagi orang dengan daya tahan tubuh rentan.

Cobalah tekan sebanyak 100 kali dengan jempol atau bisa menggunakan minyak pijat, tekan selama 5 menit, 1-2 kali sehari atau 3 kali seminggu.

Baca Juga: Aplikasi PeduliLindungi akan Diganti dengan yang Lebih Bermanfaat untuk Masyarakat

3. Titik Yintang

Titik pijat hidung tersumbat lainnya adalah titik yintang yang terletak di tengah alis bagian dalam. Memijat titik ini bermanfaat untuk melegakan hidung, serta membantu mengurangi gejala penyakit rinitis kronis, melegakan hidung tersumbat akibat sinusitis, meredakan sakit kepala, dan lainnya. Tekan selama 3 menit dan bisa dilakukan tiga kali sehari.

4. Titik Feishu

Titik pijat ini terletak di punggung, di bawah proses spinosus vertebra toraks ketiga, atau sekitar 1,5 cun atau dua jari ke samping.

Memijat titik ini disebut dapat memberikan manfaat menurunkan demam, bantu meningkatkan fungsi paru, melegakan hidung tersumbat, batuk pilek, batuk karena asma, dan menjadi titik pijat utama untuk penyakit yang berkaitan dengan pernapasan.

Kapan Harus ke Dokter?

Seseorang yang mengalami hidung tersumbat sudah perlu mengunjungi medis jika gejala bertahan selama lebih dari 10 hari, alami demam tinggi, memiliki lendir atau ingus berwarna kuning kehijauan dan hidung terasa sakit karena bisa jadi tanda dari infeksi bakteri.

Selain itu, segera ke dokter jika terdapat darah di lendir atau ingus. Untuk anak-anak yang berusia kurang dari dua bulan dan memiliki demam segera periksakan diri, apalagi jika hidung tersumbat pada bayi membuatnya sulit makan dan bernapas. (*)

Baca Juga: Legakan Hidung Tersumbat dan Sinus dengan Titik Pijatan pada Bagian Tubuh Ini