Find Us On Social Media :

Cara Mencegah Kurap Muncul di Selangkangan Dengan Bahan Alami

Kurap di selangkangan terasa gatal dan mengganggu, coba redakan dengan lima bahan alami berikut ini.

GridHEALTH.id - Muncul ruam merah berbentuk seperti cincin dan disertai gatal di selangkangan, bisa menjadi tanda khas dari adanya kurap.

Untuk meredakan rasa gatal yang dialami dan menghilangkan area yang terinfeksi, kurap di selangkangan tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Kenali berikut ini cara mencegah dan mengatasi kurap dengan bahan alami. Simak selengkapnya di sini.

Seperti Apa Kurap di Selangkangan?

Kurap di selangkangan disebut dengan tinea corporis atau jock itch, yang merupakan penyakit infeksi kulit akibat jamur.

Meskipun kurap terjadi di daerah selangkangan, tetapi biasanya hanya di area selangkangan dan paha atas, tidak sampai ke daerah genital seperti penis atau skrotum.

Baca Juga: Ini Komplikasi yang Terjadi Akibat Serangan Jantung, Cegah dari Sekarang!

Tanda Kurap di Selangkangan

Sama seperti jenis kurap di daerah lainnya, kurap di selangkangan biasanya menyebabkan bercak kulit berwarna merah.

Selain itu area kulit yang terinfeksi biasanya akan terasa gatal, bersisik di sekitar selangkangan.

Penyebab Kurap di Selangkangan

Penyebab kurap di selangkangan adalah adanya jamur yang menyebar dari anggota tubuh yang lain atau pun kontak dengan orang yang terinfeksi jamur ini.

Kondisi ini paling sering menyerang pria remaja dan dewasa, atau orang dengan pakaian dalam ketat. Bisa juga berisiko terjadi pada orang yang mengalami obesitas. Faktor risiko lainnya adalah orang yang berkeringat banyak, memiliki diabetes, sistem imun yang lemah.

Cara Mencegah Kurap di Selangkangan

Ada kemungkinan kurap di selangkangan kembali muncul meski sudah diobati, coba cara mencegah kurap di selangkangan berikut ini:

Baca Juga: Perut Buncit dan Nyeri Panggul, Gejala Kista Ovarium yang Diwaspadai

- Hindari berbagi pakaian, handuk, dan barang pribadi lainnya

- Mandi secara teratur dan keringkan kulit secara menyeluruh sesudahnya

- Kenakan kaus kaki dan pakaian dalam yang baru setiap hari

- Hindari menggaruk area lain yang terinfeksi kurap agar tidak menyebar

- Rajin mencuci tangan.

Baca Juga: 4 Cara Obati Kurap yang Sudah Lebar dengan Medis dan Tradisional

Cara Mengatasi Kurap di Selangkangan Dengan Bahan Alami

Menghentikan pertumbuhan jamur menjadi kunci untuk mengatasi kurap di selangkangan, caranya bisa dimulai dengan menggunakan bahan alami.

Cobalah berikut ini cara mengatasi kurap di selangkangan dengan bahan alami, yaitu:

1. Cuka sari apel

Asam pada cuka sari apel menjadi agen antibakteri yang bisa menyembuhkan gatal akibat bakteri, selain itu juga bersifat sebagai antijamur dengan melawan pertumbuhan jamur termasuk pada selangkangan.

Caranya bisa dengan mencampurkan cuka sari apel dan air dengan perbandingan 1:1 ke dalam botol semprot, bisa diletakkan di kulkas agar dingin dan memberikan kelegaan pada kulit yang meradang pada saat dioleskan.

2. Minyak lavender

Mengatasi kurap di selangkangan juga bisa dengan minyak lavender, yang membantu dalam penyembuhan luka dengan cepat dan mencegah pembentukan jaringan parut. Di dalam minyak ini juga terdapat kandungan antiseptik dan antijamur.

Studi juga menunjukkan bahwa minyak lavender sangat efektif dalam melawan infeksi, sehingga bisa mengurangi perkembangan jamur dan penyebaran infeksi pada jaringan inang.

Baca Juga: Heboh Temuan Minyakita Palsu, Minyak Disimpan Terlalu Lama Beracun

3. Bawang putih dan madu

Bawang putih dikenal memiliki sifat antibakteri dan antijamur alami, sementara madu bersifat menenangkan dan membantu mengendalikan rasa gatal.

Caranya bisa dengan mencincang bawang putih dan campur dengan madu lalu ditambahkan sedikit air hangat, sehingga berbentuk seperti pasta. Kemudian cobalah mengoleskan ramuan ini ke area selangkangan sebanyak dua kali sehari selama 15 menit. Setelahnya cuci sampai bersih dan keringkan sebelum mengenakan pakaian.

4. Tea tree oil

Tea tree oil memiliki kualitas antijamur yang kuat dan merupakan antiseptik serta pembasmi kuman alami yang membantu mengurangi rasa gatal dan peradangan pada kulit.

Studi telah menunjukkan dengan menggunakan bahan ini dapat membantu melawan jamur dan gatal di selangkangan. Bisa gabungkan 3-4 tetes tea tree oil dengan satu ons minyak zaitun atau minyak kelapa dan kemudian dioleskan ke area selangkangan sebanyak dua kali sehari.

5. Lidah buaya

Infeksi kulit seringkali menggunakan lidah buaya karena laporan penelitian menyebutkan di dalamnya terdapat sifat antijamur, antiinflamasi, antiseptik, dan antibakteri dan bisa menembus jauh ke dalam lapisan bawah kulit.

Glikoprotein di dalamnya juga mempercepat proses penyembuhan dengan menghentikan rasa sakit dan peradangan, serta merangsang sistem kekebalan tubuh. (*)

Baca Juga: Rekomendasi Obat Salep untuk Kurap di Apotek dengan Harga Terbaru