Find Us On Social Media :

Jika Mudah Lelah Padahal Aktivitas Fisik Sedikit, Ciri Terlalu Lama di Ruangan ber AC

Salah satu efek kesehatan negatif dari terlalau lama berada di ruangan ber AC adalah cepat lelah,, padahal aktivitas fisik kurang.

GridHEALTH.id - Tahukah, Di balik sisi positif pemakaian AC yang berfungsi mendinginkan ruangan guna kenyamanan pemakainya, AC dapat menimbulkan pencemaran lingkungan. Baik pencemaran sosial sebagai kebutuhan yang berubah menjadi gaya hidup maupun pencemaran udara akibat masih banyak dipakainya bahan CFC pada AC saat ini.

Dimana hasil rekayasa manusia ini dapat menimbulkan bahaya pemanasan global dan penipisan lapisan ozon.

Dari sisi kesehatan, penggunaan AC bisa menimbulkan sick building syndrome (SBS) atau sindrom penyakit bangunan.

Penyakit tersebut banyak menyerang manusia yang berada dalam ruangan AC atau berpendingin dalam waktu yang lama.

Penyakit tersebut disebabkan karena ruangan yang lembab dengan sirkulasi udara yang tidak sehat.

Baca Juga: Hanya BPJS Kesehatan yang Punya, Cukup dengan KTP Berobat Gratis

Beberapa gejala SBS adalah kepala pusing, sesak napas, mual, influenza, mengantuk, kelelahan, dan gangguna kulit, serta dehidrasi kulit.Menganai permasalahan dampak kesehatan dari AC, melansir laporan yang dimuat dalam International Journal of Epidemiology, disebutkan bahwa kondisi pernapasan dapat memburuk pada ruangan yang berpendingin karena tempat tersebut menjadi tempat berkembangnya mikroorgnaisme dan jamus.

Selain itu, ruangan berpendingin udara dapat menimbulkan beberapa penyakit, seperti iritasi tenggorokann, infeksi telinga, mata kering, dan reaksi alergi.

Menurut GSI Lab, individu yang sering dan terlalau lama berada di ruang ber AC pun berisiko mengalami masalah kesehatan berikut ini, dan semuanya berat.

Stroke pada wajah

Jika posisi kita cukup berhadapan dengan AC atau memunggungi, ada beberapa masalah kesehatan yang paling mungkin mengancam. Seperti bell’s palsy atau kelumpuhan sebagian wajah, bahu beku hingga sakit leher dan masuk angin yang bisa mengacu pada bahaya angina (angin duduk).

Baca Juga: Pengganti PeduliLindungi, SATUSEHAT Mobile Memantau Kesehatan Tiap Individu RealTime

Perasaan lelah terus menerus

Menurut penelitian Global News, orang yang bekerja dalam ruangan ber-AC lebih mudah mengalami kelelahan dan sakit kepala kronis. Selain itu juga ada kemungkinan negatif lain saat berada terlalu lama pada ruang ber-AC seperti iritasi lendir konstan dan sesak napas. Ini dapat menyebabkan kita mudah terserang flu.Rasa lelah dan sakit kepala secara terus menerus ini sering juga disebut sebagai sick building syndrome yang memiliki gejala khas seperti alergi, sesak, dan mudah mengantuk.