Find Us On Social Media :

Sering Ngantuk Siang Hari di Jam Produktif? Tidak Melulu Kurang Tidur

Ngantuk siang hari di jam produktif bukan hal yang wajar. Harus ditemukan penyebabnya dan dihilangkan.

GridHEALTH.id - Pernah merasakan mengantuk amat sangat di siang hari padahal saat itu jam produktif? Jika ya artinya wajib menyimak artikel berikut ini hingga tuntas.

Ketahuilah jam produktif adalah waktu dimana seseorang produktif alias terjaga. Jadi tidak normal jika ada seseorang mengantuk sangat di siang bolong.

Jika kita sering merasakan dan mengalami hal tersebut, sudah saatnya instrokpeksi diri dan hati-hati.

Sebab sering kali walau telah tidur malam cukup dan berkualitas, mengantuk snagat di jam produktif tetap terjadi.

Nah, ini artinya ada sesuatu yang tidak bisa didiamkan.

Baca Juga: Korban Meninggal Akibat Kebarakan Hanya 30 Persen, Terbanyak Akibat Menghirup Asap

Untuk diketahui, penyebab seseorang mengantuk sangat di siang hari saat jam produktif bisa oleh beberapa faktor.

1. Kurang tidur

Merujuk Sleep Foundation, ada banyak gangguan yang mengakibatkan kurang tidur pada malam hari. Beberapa di antaranya insomnia, sleep apnea, dan restless leg syndrome.

Insomnia sulit untuk tertidur pada jam normal. Sleep apnea gangguan pernapasan yang ditandai dengan jeda singkat pada malam.Restless leg syndrome kondisi ini menyebabkan sensasi yang kuat untuk menggerakkan anggota tubuh. Akibatnya sulit mendapat kualitas tidur yang baik.

2. Kondisi medis

Beberapa kondisi medis menyebabkan kantuk berlebihan pada siang. Adapun di antaranya diabetes, hipertiroidisme, hiponatremia, infeksi mononukleosis (mono), dan sindrom kelelahan kronis (CFS).

Baca Juga: 5 Tanda Masalah Rongga Mulut yang Berkaitan dengan Diabetes, Ini Penjelasannya

3. Gangguan kesehatan mental

Orang yang mengalami depresi berat, bipolar, gangguan stres pascatrauma (PTSD), dan gangguan kecemasan umum rentan susah tidur. Akibatnya, saat siang muncul kantuk berlebihan.Gangguan kesehatan mental menyebabkan narkolepsi. Kondisi neurologis otak tidak bisa mengatur siklus tidur dan bangun. Narkolepsi berakibat cenderung cepat tertidur pada waktu yang tidak tepat.