Find Us On Social Media :

Simpang Siur Alasan RSUD di Subang Menolak Ibu Hamil, Wamenkes Dante Tegas Katakan Soal PONEK

Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono, tegaskan prihal kasus RSUD di Subang.

GridHEALTH.id - RSUD di Subang tepatnya di daerah Ciereng, kini tenga menjadi bahan berita yang seolah tidak ada habisnya, setelah berita tentag penolakan pasien yang akan melahirkan ditolaj, dan pasien meninggal dunia.

Penyebab RSUD di Subang menolak pasien atas nama Kurnaesih (39), ibu hamil asal Desa Buniara, Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, kini raai menjadi pembahasan publik, tak terkecuali di media.

Mengenai hal tersebut, informasi dan kabarnya masih simpang siur.

Tapi ada banyak narasi yang menyebutkan RSUD Subang tolak pasien ibu hamil karena kamar yang penuh.

Jika menilik kegawat daruratan, seharusnya jika pasie tersebut memang dalam kondisi gawat darurat, tidak ada alasan kamar penuh bagi Rumah Sakit untuk menolak pasien.

Baca Juga: Aneka Racikan Obat Asam Urat Tradisional Ampuh, Sudah Mencobanya?

Karenanya prihal kasus penolakan RSUD di Subang terhadap ibu Kurnaesih (39) yang kini telah meninggal dunia, saat dalam perjalanan ke Bandung, usai ditolak di RSUD tersebut, Kementerian Kesehatan turun tangan.

Penjelasan Bidan dan Keluarga Pasien

Dari pemberitaan media nasional, dilansir dari TribunJatim (9/03/2023), keluarga bersama bidan desa sudah mencoba membawa Kurnaesih ke rumah sakit tersebut.Tetapi, perawat mengatakan bahwa ruangan khusus ibu melahirkan dan ICU penuh.Perawat mempersilakan keluarga membawa Kurnaesih ke rumah sakit lain.Bidan desa sempat meminta perawat untuk memeriksa Kurnaesih terlebih dahulu, tapi hal itu diabaikan.

Baca Juga: Enggak Perlu Khawatir, Produk Hufagripp Syrup Grup Telah Dinyatakan Aman Oleh BPOM

Kemudian, Bidan desa dan keluarga akhirnya membawa Kurnaesih keluar dari RSUD Ciereng Subang untuk dibawa ke rumah sakit lain.Namun, dalam perjalanan, Kurnaesih muntah-muntah dan akhirnya meninggal dunia.

Mengetahui hal ini, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengaku pihaknya tengah melakukan evaluasi dan audit medis.Mengingat pasien dengan risiko tinggi tidak boleh ditolak oleh rumah sakit.

Karenanya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bakal mengevaluasi dan mengaudit kasus meninggalnya seorang ibu hamil usai ditolak melahirkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciereng, Subang, Jawa Barat.