Find Us On Social Media :

Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka di Apotek dan Kandungannya

Kenali berikut ini kandungan yang perlu ada dalam salep penghilang bekas luka.

GridHEALTH.id – Memiliki bekas luka meski tidak menyakitkan, namun sering dianggap mengganggu penampilan.

Untuk membantu menghilangkannya, sebenarnya ada beragam perawatan yang tersedia, salah satunya menggunakan salep.

Dalam memilih salep penghilang bekas luka, ada baiknya mengenali kandungan salep yang efektif untuk bekas luka. Oleh karena itu, berikut ini beberapa kandungan yang perlu ada dalam salep penghilang bekas luka.

Penyebab Bekas Luka

Bekas luka terjadi sebagai proses penyembuhan alami tubuh setelah mengalami kerusakan pada jaringan kulit, saat kulit luka maka jaringan ikut pecah sehingga kolagen dilepaskan dan menumpuk di area luka.

Seiring waktu kolagen dan suplai darah berkurang, sehingga bekas luka akan bertahap menjadi lebih lembut dan halus. Beberapa penyebab bekas luka adalah infeksi, peradangan, cedera, dan lainnya.

Baca Juga: Serangan Jantung Bisa Disebabkan karena Sering Tidur di Pagi Hari, Simak Faktanya!

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Meskipun bekas luka tidak dapat dihilangkan sepenuhnya, NHS menyebut dengan beberapa pilihan perawatan bisa membantu menguranginya agar tidak terlihat.

Beberapa pilihan perawatan sebagai cara menghilangkan bekas luka, yaitu:

1. Riasan khusus

Riasan ini dirancang khusus untuk menutupi bekas luka dan sangat berguna untuk bekas luka wajah. Riasan ini tahan air dan dapat bertahan selama 2 atau 3 hari. Alangkah lebih baik membicarakan penggunaan riasan ini dengan dokter umum.

2. Gel/lembaran silikon

Agar efektif, gel atau lembaran silikon dioleskan di atas bekas luka selama 12 jam sehari selama minimal 3 bulan. Cara ini juga bisa diterapkan untuk kulit yang sudah sembuh dari luka (bukan luka terbuka), sehingga bisa melembutkan dan meratakan bekas luka.

3. Steroid

Steroid tidak dapat menghilangkan bekas luka sepenuhnya, tetapi tidak dapat memperbaiki penampilannya, biasa digunakan untuk bekas luka keloid, hipertrofik. Caranya adalah disuntikkan beberapa kali untuk mengurangi pembengkakan dan meratakannya.

4. Terapi laser

Terapi laser membantu mengurangi kemerahan pada bekas luka dengan menargetkan pembuluh darah di jaringan parut yang berlebih. Untuk menggunakan terapi laser, alangkah baiknya untuk menggunakan terapi ini dengan orang yang ahli.