Find Us On Social Media :

Titik Pijat pada Tubuh Redakan Segala Penyakit, Tak Perlu Langsung Minum Obat

Inilah 9 titik pijat pada tubuh untuk redakan segala penyakit yang penting.

GridHEALTH.id – Setiap orang rentan mengalami beragam jenis penyakit, mulai dari penyakit yang umum hingga kondisi yang lebih serius. Hal ini tentunya memerlukan penanganan dan perawatan yang terkait untuk membuat tubuh membaik seperti sebelumnya. 

Kenali berikut ini beragam titik pijat pada tubuh untuk redakan segala penyakit sebelum minum obat sesuai dengan rekomendasi Pengobatan Tradisional Cina (TCM) berikut ini. Sekaligus kenali juga manfaatnya.

Titik Pijat Pada Tubuh Untuk Redakan Segala Penyakit

Melansir dari salah satu laman resmi pemerintah Cina, berikut ini setidaknya ada 9 titik pijat pada tubuh untuk redakan segala penyakit, yaitu:

1. Titik Hegu

Lokasi: Titik pijat pada tubuh untuk redakan segala penyakit yang pertama adalah titik hegu, berada di punggung tangan, tepatnya berada di cekungan antara jari telunjuk dan ibu jari. Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam kesehatan secara keseluruhan, cobalah memijat titik piajt ini setiap dua detik sekali, yaitu sekitar 30 kali per menit.

Manfaat: Titik pijat ini terhubung langsung dengan area usus besar, sehingga memijatnya dapat meredakan penyakit pada jaringan dan organ yang berkaitan dengan usus besar. 

Selain itu, karena meridian usus besar membentang dari tangan ke kepala, maka segala penyakit di kepala dan wajah, seperti sakit kepala, demam, mulut kering, mimisan, leher bengkak, penyakit tenggorokan, dan penyakit organ panca indera lainnya bisa diredakan dan diobati. 

2. Titik Shaoshang

Lokasi: Titik pijat ini tepat berada di belakang pangkal kuku di sisi radial ibu jari, cobalah menekan area ini saat sakit selama 1-2 menit.

Manfaat: Memijat titik ini berkaitan dengan meridian paru, yang digunakan untuk radang amandel, radang tenggorokan, juga biasa digunakan untuk pengobatan batuk, pilek, demam, dan radang paru.

3. Titik Shenmen

Lokasi: Titik pijat lainnya yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh adalah titik shenmen yang terletak dekat pergelangan tangan dan lateral dengan jari kelingking telapak tangan. 

Manfaat: Disebutdapat mengobati insomnia, mimpi buruk, palpitasi dan emboli detak jantung, hingga membantu menenangkan pikiran. Titik pijat ini berkaitan dengan meridian hati.

4. Titik Neiguan

Lokasi: Titik pijat ini berada dua inci di atas lipatan pergelangan tangan, antara tendon palmar longus dan tendon fleksor karpi radialis, lebih tepatnya ukur tiga jari ke belakang dari lipatan pergelangan tangan.

Baca Juga: Titik Pijat Efektif Untuk Redakan Masuk Angin dan Perut Kembung

Manfaat: Titik neiguan juga menjadi titik pijat lainnya yang memiliki banyak manfaat, seperti efek kuratif tertentu pada penyakit pernapasan, seperti asma, emfisema, penyakit jantung paru, dan penyakit keras lainnya.

5. Titik Houxi

Lokasi: Titik pijat ini berada di sisi ulnaris, proksimal ke sendi metakarpophalangeal ke-5, tepatnya di ujung lipatan melintang dan persimpangan kulit merah dan putih.

Manfaat: Dengan memijat titik ini dapat digunakan sebagai pengobatan tambahan untuk nyeri punggung bawah, nyeri dada, nyeri atas, serta memiliki efek baik untuk peristaltik usus yang dapat membantu pengobatan sembelit.

6. Titik Tanzhong

Lokasi: Titik pijat pada tubuh untuk redakan segala penyakit yang lainnya adalah titik tanzhong, terletak tepat di garis tengah tulang dada, di antara kedua payudara. Cobalah gosok titik ini dengan arah ke atas dan ke bawah menggunakan jari sebanyak 100 kali hingga kulit sedikit memerah.

Manfaat: Dipercaya membawa manfaat untuk diafragma, paru, hingga jantung. Biasa digunakan untuk mengurangi dahak, meredakan asma dan batuk, mengobati sesak dada, hipogalaktia, neuralgia intercostal, dan penyakit lainnya.

7. Titik Zhongwan

Lokasi: Titik pijat zhongwan terletak empat inci di atas pusar, untuk merasakan manfaatnya, cobalah putar dan pijat titik ini selama dua menit. 

Manfaat: Utamanya memberikan manfaat untuk mengobati gastritis, perut kembung, muntah, gangguan pencernaan, maag, dan penyakit perut lainnya.

8. Titik Zusanli

Lokasi: Titik ini berada di persimpangan cekungan bagian luar lutut, jaraknya empat jari ke bawah dari lutut dan dibagian luar tibia.

Manfaat: Sangat erat kaitannya dengan fungsi pencernaan dan nutrisi limpa hingga lambung. Memijat titik ini disebutkan sangat baik untuk efek kesehatan jangka panjang hingga umur panjang.

9. Titik Fenglong

Lokasi: Titik pijat pada tubuh untuk redakan segala penyakit adalah titik fenglong yang berada di titik tengah garis yang menghubungkan mata lutut bagian luar dan ujung maleolus bagian luar, berjarak 2 inci dari tepi depan tibia.

Manfaat: TCM percaya memijat titik pijat ini bisa memperkuat limpa dan perut, secara spesifik bantu mengurangi dahak, hemiplegia, sakit tenggorokan, hingga epilepsi. Selain itu disebut baik untuk menurunkan lipid darah atau lemak dalam darah. (*)

Baca Juga: Titik Pijat Ibu Hamil Masuk Angin, Ini Penjelasan Lengkapnya