Find Us On Social Media :

Kebiasaan Tidur yang Buruk Bisa Memperparah Keadaan Jantung, Ini Faktanya

Inilah kaitan kebiasaan tidur yang buruk dengan keadaan jantung, harus hati-hati!

GridHEALTH.id – Seseorang sangat perlu menjaga kesehatan jantung, jika ingin memiliki kualitas hidup yang baik dan panjang umur.

Bicara mengenai kesehatan jantung, lebih dari sekedar makan dengan benar dan berolahraga secara teratur, tidur juga memiliki peran yang penting.

Kebiasaan tidur yang buruk bisa memengaruhi keadaan jantung, bagaimana bisa? Simak faktanya berikut ini!

Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung menjadi salah satu organ vital dalam tubuh yang berperan dalam mengendalikan aliran darah ke seluruh organ dan jaringan dalam tubuh. 

Tanpa darah, maka organ tubuh tidak berfungsi dengan baik dan jika jantung memiliki masalah dalam berdetak, maka berisiko tidak dapat mempertahankan tekanan darah, hingga sulit mengontrol ritme dan kecepatan detak jantung. 

Permasalahan pada jantung ini yang menyebabkan seseorang berisiko mengalami beragam penyakit jantung.

Kebiasaan Tidur dan Penyakit Jantung

Pola tidur memainkan peran penting dalam kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan, tentu tetap diikuti dengan gaya hidup sehat lainnya.

Dikutip dari laman Heart.org, studi menunjukkan durasi tidur yang pendek atau kualitas tidur yang buruk, berhubungan dengan berbagai macam penyakit, mulai dari hipertensi, kolesterol tinggi, dan aterosklerosis. 

Sehingga kebiasaan tidur yang buruk dengan durasi singkat akan meningkatkan kemungkinan terjadinya kardiovaskular. 

Ditambah lagi, dengan tidur tidak cukup akan berkaitan dengan banyak hal, mulai dari pola makan yang buruk atau penambahan berat badan, diabetes, peradangan, stroke, serangan jantung, hingga kematian.

Penelitian dari ilmuwan Columbia menyebutkan bahwa masalah tidur yang relatif ringan sekalipun tetap dapat menyebabkan peradangan pada sel endotel yang melapisi pembuluh darah. Secara signifikan kondisi ini akan dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Pentingnya Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini dengan Bahan Alami

Kebiasaan tidur yang buruk dan tidak konsisten memicu denyut jantung, tekanan darah, dan fungsi kardiovaskular lainnya bervariasi dengan waktu.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung menyukai tidur yang konsisten berdasarkan hasil dari beberapa penelitian terbaru terkait tidur dan kesehatan jantung. Dengan demikian tidak berisiko mengganggu ritme sirkadian tubuh. 

Faktor gaya hidup seperti pola makan dan olahraga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, baik secara langsung maupun tidak langsung, bukan hanya kebiasaan tidur. 

Oleh karena itu diperlukan beragam langkah menjaga jantung tetap sehat, yang dilakukan secara komprehensif. Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan jantung:

- Makan yang sehat dan baik untuk jantung

- Tetap aktif bergerak

- Pertahankan berat badan yang sehat

- Berhenti merokok dan jauhi asap rokok

- Kendalikan kolesterol dan tekanan darah, termasuk Kelola stres

- Minum alkohol dalam jumlah sedang.

Sayangi dan jaga jantung sejak sekarang, jika tidak ingin terlambat dan mengalami risiko penyakit jantung serius, bisa dimulai dengan mengubah kebiasaan tidur. (*)

Baca Juga: Dada terasa Tidak Nyaman, Gejala Penyakit Jantung Bocor yang Jarang Disadari, Seperti Rasanya