Find Us On Social Media :

Penyebab Asam Urat Usia Muda dan Cara Mengatasinya Sebelum Terlambat

Asam urat usia muda biasa terjadi di satu sendi atau lebih.

GridHEALTH.id - Penyakit asam urat tidak menyerang umur. Tak hanya lansia, kelompok usia muda pun juga bisa mengalaminya.

Asam urat alias gout, adalah peradangan sendi yang diakibatkan kadar asam urat yang tinggi dan menumpuk di persendian.

Saat mengidap penyakit ini, tubuh akan memproduksi terlalu banyak asam urat atau kesulitan untuk menghilangkan kelebihannya.

Mengutip Penn Medicine, kondisi ini akibatnya menyebabkan terbentuknya kristal dalam cairan sendi. Kristal inilah yang mengakibatkan sendi membengkak dan meradang.

Biasanya, hanya satu sendi yang terasa nyeri. Tapi, tak menutup kemungkinan ini akan menyerang sendi-sendi yang lainnya.

Sendi tersebut juga mungkin tampak hangat dan kemerahan, serta biasanya menjadi sangat sensitif sehingga ketika diletakkan selimut di atasnya, akan terasa nyeri.

Penyebab Asam Urat Usia Muda

Asam urat di usia muda bisa terjadi karena banyak faktor, mulai dari keturunan hingga gaya hidup yang kerap tidak disadari.

Inilah penjelasan lebih lanjut terkait hal-hal yang mengakibatkan asam urat pada orang-orang berusia muda.

1. Keturunan dari keluarga

Dilansir dari Healthline, genetik berperan dalam peningkatan risiko penyakit ini. Kondisinya melibatkan gen yang mengontrol pengangkut asam urat.

Jika salah satu dari gen yang berhubungan dengan kondisi ini memiliki variasi, hal itu dapat menyebabkan asam urat. Persentase penyakit ini diturunkan dalam keluarga sebesar 65 persen.

2. Konsumsi alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol dalam kapasitas sedang hingga berat, meningkatkan risiko penyakit ini.

Baca Juga: Rasa Nyeri Hilang, Ini 4 Pilihan Terbaik Obat Asam Urat di Apotek