Find Us On Social Media :

3 Titik Pijat di Tubuh yang Bisa Mengatasi Susah Tidur, Langsung Lelap

Miliki masalah susah tidur, coba ringankan gejala dengan beberapa titik pijat susah tidur ini.

GridHEALTH.id – Kesulitan tidur bisa menjadi kendala bagi seseorang untuk mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas.

Sedangkan kondisi ini jika dibiarkan maka semakin lama akan semakin memengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang, yang berlanjut pada masalah lain seperti sakit kepala atau sulit berkonsentrasi.

Untuk mengurangi permasalahan ini, maka ada baiknya jika seseorang mencoba mengubahnya dengan mulai melakukan beberapa titik pijat susah tidur berikut ini.

Gejala Susah Tidur

Tidak semua orang menyadari dirinya mengalami masalah dengan tidur, namun perlu diketahui bahwa ada beberapa tanda yang menunjukkan jika seseorang mengalami sulit tidur, antara lain:

- Sulit fokus di siang hari

- Sering sakit kepala

- Lekas marah

- Kelelahan di siang hari

- Bangun terlalu pagi

- Bangun sepanjang malam

- Butuh beberapa jam untuk tertidur

Baca Juga: Susah Tidur dan Sering Berkeringat Ciri-ciri Darah Tinggi, Mitos atau Fakta?

- Tidak memiliki energi di siang hari

- Memiliki lingkaran hitam di bawah mata

Penyebab Susah Tidur

Jika bicara mengenai penyebab, maka aka nada banyak penyebab susah tidur yang dialami oleh seseorang. Banyak orang dewasa yang mengalami masalah tidur, hal ini kemungkinan bisa karena pilihan gaya hidup, kebiasaan tidur, hingga kondisi medis tertentu yang memengaruhinya.

Penuaan juga bisa menjadi penyebab susah tidur pada orang dewasa, ditambah dengan gaya hidup seperti ter banyak konsumsi kafein, kamar yang tidak nyaman, stres, kekhawatiran, jadwal kerja, gangguan kebisingan, terlalu banyak rangsangan sebelum tidur seperti menonton TV, bermain video game menjadi penyebab lainnya.

Sulit tidur juga bisa dialami oleh bayi, dimana bayi yang baru lahir biasanya normal untuk bangun beberapa kali sepanjang malam, namun sebagian besar bayi akan mulai tidur sepanjang malam setelah berusia 6 bulan.

Lebih dari 6 bulan, namun bayi masih sulit tidur, maka kemungkinan ada beberapa penyebabnya, mulai dari tumbuh gigi, sakit, lapar, atau memiliki masalah pencernaan.

Titik Pijat Susah Tidur

Dengan pendekatan yang tepat, seseorang dapat tertidur dengan baik dan mengurangi masalah-masalah di atas. Cobalah dengan memijat beberapa titik pijat yang bisa menjadi rangsangan untuk membuat orang tertidur, berikut ini titik pijatnya:

1. Titik Yintang

Titik pijat susah tidur ini berada di wajah depan, yang berada di titik tengah garis penghubung alis mata kiri dan kanan.

2. Titik Shenmen

Titik pijat susah tidur lainnya berada di lipatan melintang pergelangan tangan dan telapak tangan, tepatnya di lekukan yang berada satu garis lurus sisi jari kelingking.

3. Titik Yifeng

Titik pijat ini berada di belakang cuping telinga, depresi antara tulang tinggi di belakang telinga dan sudut mandibula.

Bicaralah dengan dokter jika masalah susah tidur ini tidak kunjung hilang atau semakin sering, meski sudah menerapkan beberapa titik pijat susah tidur di atas, untuk bantu direkomendasikan berbagai metode pengobatan yang bisa digunakan. (*)

Baca Juga: Batuk Berdahak, Pijat Dititik pada Tubuh Berikut untuk Mengatasinya