Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kiri Sampai ke Pinggang

Inilah penyebab dan cara mengatasi sakit perut sebelah kiri hingga pinggang yang bisa terjadi

GridHEALTH.id - Kenali penyebab dan cara mengatasi sakit perut sebelah kiri yang terasa sampai pinggang.

Sakit perut sebelah kiri bawah pada umumnya ditandai dengan rasa nyeri dan kekakuan pada bagian perut kiri bawah.

Biasanya, hal ini terjadi saat mengonsumsi makanan yang terlalu asam atau pedas.Namun, tak sedikit yang merasakan sakit perut sebelah kiri.Bahkan, sakit yang dirasakan tersebut sampai ke pinggang.

Baca Juga: Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Beginilah Cara Mengatasinya

Nyeri perut bagian kiri bawah dan pinggang, dapat menandakan adanya masalah pada salah satu atau beberapa organ di dalam rongga perut dan panggul.Keluhan ini bisa disebabkan oleh kondisi sederhana seperti sembelit atau kondisi serius seperti batu ginjal.

Jika kondisi ini sering terjadi, maka perlu waspada bahkan diperlukan penanganan medis.

Penyebab sakit perut sebelah kiri hingga pinggang

Penting untuk memahami tanda dan gejala sakit perut sebelah kiri yang menjalar ke pinggang serta menemukan penyebabnya.Jangan biarkan gejalanya berlarut-larut hingga membahayakan kesehatan.

Baca Juga: Jangan Biarkan, Sakit Perut Sebelah Kiri Bisa Jadi Tanda Penyakit ini

Inilah beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri dan pinggang.

Batu ginjalMerasakan sakit perut sebelah kiri dan pinggang bisa menunjukkan adanya batu ginjal atau infeksi ginjal.Batu ginjal berkembang dari zat-zat pembentuk kristal yang berlebihan dalam urine.Ketika batu yang lebih besar bergerak melalui sistem kemih, batu tersebut dapat menyebabkan penyumbatan.Akibatnya, kondisi ini menimbulkan rasa sakit, mual, hingga kencing berdarah.Nyeri yang sama juga dapat dirasakan saat infeksi saluran kemih sudah menjalar ke ginjal, disebut pielonefritis.Gejala-gejala khasnya termasuk sakit perut dan punggung satu sisi, rasa terbakar (panas) saat buang air kecil, peningkatan frekuensi kencing, mual, muntah, demam, dan menggigil.

DiverticulitisDiverticulitis adalah penyebab umum nyeri perut kiri bawah dan pinggang yang tak jarang membuat seseorang dilarikan ke rumah sakit.Kondisi ini kerap terjadi di usia 40 tahun ke atas, kantong kecil dapat terbentuk di sepanjang dinding usus besar sepanjang bertambahnya usia.

Baca Juga: Sakit Perut Sebelah Kiri Tanda Terkena Radang Usus Besar dan Hernia