Find Us On Social Media :

Bisa Jadi Tanda Awal TBC, Batuk Seperti Ini Jangan Dibiarkan!

Batuk lebih dari dua minggu salah satu dari gejala TBC yang umum terjadi.

GridHEALTH.id - Batuk merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi, sehingga saat terjadi sering dianggap sebagai suatu hal yang biasa.

Ini juga merupakan cara alamiah tubuh untuk menghilangkan lendir atau hal yang mengiritasi saluran pernapasan.

Meski begitu, sebaiknya juga tidak mengabaikan batuk begitu saja, karena ini bisa menjadi tanda awal dari kondisi yang lebih serius seperti tuberkulosis (TBC).

Batuk Gejala Awal TBC

Tuberkulosis merupakan salah satu penyakit infeksi yang mudah menular melalui percikan air liur, yang terjadi saat seseorang berbicara atau batuk.

Umumnya, pasien TBC sulit diketahui. Sehingga rentan menularkan penyakitnya ke orang lain.

Dr. dr. Fathiyah Isbaniah, Sp.P(K), Pengurus Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menjelaskan, semua orang berisiko tertular oleh penyakit ini.

Namun, risiko paling tinggi dimiliki oleh anak-anak, orang dengan HIV/AIDS, lansia, penyandang Diabetes Melitus, hingga perokok.

Adapun gejala TBC yang khas dan paling sering dialami oleh pengidap penyakit ini adalah batuk.

Batuk seperti apa yang mengindikasikan seseorang terinfeksi tuberkulosis?

"Gejala TBC itu batuk lebih dari dua minggu, biasanya berdahak. Kalau sudah mengenai pembuluh darah di dalamnya biasanya akan berdarah," kata dokter Fathiyah dalam webinar Hari TBC Sedunia yang diadakan Kalbe, Kamis (30/3/2023).

Selain itu, pengidap penyakit ini juga kerap mengeluhkan masalah kesehatan yang berkaitan dengan paru seperti nyeri dada.

Baca Juga: Mengenal Tes Mantoux Deteksi TBC Pada Anak, Kapan Sebaiknya Dilakukan?