Find Us On Social Media :

Apa Bahayanya Bila Asam Lambung Dibiarkan dan Tidak Ditangani?

Segera ambil tindakan untuk mengobati asam lambung.

GridHEALTH.id - Asam lambung adalah cairan yang diproduksi oleh lambung untuk membantu pencernaan makanan.

Namun, ketika produksi asam lambung berlebihan atau terjadi gangguan pada saluran pencernaan, asam lambung bisa menjadi masalah kesehatan yang serius.

Jika dibiarkan terus-menerus, kondisi asam lambung yang tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada selaput lendir lambung dan esofagus, serta menyebabkan gejala yang tidak nyaman.

Misalnya, nyeri ulu hati, mual, muntah, dan gangguan tidur.

Jika kondisi ini tidak ditangani dengan tepat, bisa menyebabkan luka pada dinding lambung dan esofagus.

Juga, hal tersebut berpotensi memicu masalah kesehatan yang lebih serius seperti perdarahan lambung dan kanker esofagus.

Oleh karena itu, penting untuk mengatasi asam lambung yang berlebihan sejak dini dengan melakukan perubahan gaya hidup.

Perubahan gaya hidup

Perubahan gaya hidup tersebut misalnya menghindari makanan pedas, berlemak, dan berminyak, tidak makan terlalu banyak dalam satu waktu, menghindari konsumsi alkohol dan merokok, serta menjaga berat badan yang sehat.

Jika perubahan gaya hidup tidak efektif, dokter mungkin akan meresepkan obat untuk mengurangi produksi asam lambung dan memperbaiki fungsi saluran pencernaan.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala asam lambung yang tidak kunjung membaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan mencegah komplikasi yang lebih serius.

Seperti dituliskan sebelumnya, jika kondisi asam lambung tinggi tidak ditangani dengan tepat dan terus berlanjut, dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada dinding lambung dan esofagus.

Baca Juga: 3 Bahaya Asam Lambung Tak Diobati, Segera Obati Sebelum Terlambat